Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (Crh) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pokok Materi Kelarutan Dan Hasilkali Kelarutan Kelas Xi Sma Negeri 2 Brebes.


Nisa, Hikmatul Kholifatun, 4301407060 (2012) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (Crh) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pokok Materi Kelarutan Dan Hasilkali Kelarutan Kelas Xi Sma Negeri 2 Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (Crh) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pokok Materi Kelarutan Dan Hasilkali Kelarutan Kelas Xi Sma Negeri 2 Brebes.]
Preview
PDF (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (Crh) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pokok Materi Kelarutan Dan Hasilkali Kelarutan Kelas Xi Sma Negeri 2 Brebes.) - Published Version
Download (55kB) | Preview

Abstract

Hasil nilai ulangan harian materi pokok kelarutan dan hasilkali kelarutan di SMA Negeri 2 Brebes selama lima tahun terakhir menunjukkan hasil belajar yang masih rendah dengan prosentase ketuntasan klasikal masih relatif rendah yaitu kurang dari 85%. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah apakah penerapan model pembelajaran course review horay mempengaruhi hasil belajar kimia siswa pokok materi Kelarutan dan Hasilkali Kelarutan kelas XI SMA Negeri 2 Brebes?. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar kimia siswa pokok materi Kelarutan dan Hasilkali Kelarutan kelas XI SMA Negeri 2 Brebes. Metode yang digunakan adalah Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Hasil yang diperoleh yaitu rata-rata hasil belajar kelas eksperimen M1 = 78,50 dan kelas kontrol M2= 71,35, dengan thitung = 3,11 dan ttabel = 1,99 berarti rata-rata hasil belajar kimia materi kelarutan dan hasilkali kelarutan pada pembelajaran dengan metode diskusi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terdapat perbedaan secara signifikan dengan rata-rata hasil belajar kimia dengan metode diskusi tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Uji hipotesis penelitian diperoleh rbis =0,42 dengan rtabel = 0,32 maka model pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa materi kelarutan dan hasilkali kelarutan. Uji ketuntasan belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen = 86,84% dan kelas kontrol = 67,57% dengan persentase minimal 85% maka disimpulkan kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar klasikal dan kelas kontrol belum mencapai ketuntasan belajar klasikal. Simpulan dari penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa pokok materi kelarutan dan hasilkali kelarutan kelas XI SMA Negeri 2 Brebes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2012 03:06
Last Modified: 26 May 2012 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12449

Actions (login required)

View Item View Item