Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Presentasi Dalam Bahasa Inggris Mahasiswa Fisika PGMIPABI


Oktavia. Neni., 4201408086 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Presentasi Dalam Bahasa Inggris Mahasiswa Fisika PGMIPABI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Presentasi Dalam Bahasa Inggris Mahasiswa Fisika PGMIPABI]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Presentasi Dalam Bahasa Inggris Mahasiswa Fisika PGMIPABI) - Published Version
Download (78kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal terhadap mahasiswa Pendidikan Fisika rombel PGMIPABI menunjukkan kemampuan presentasi dalam bahasa Inggris yang belum optimal. Hal ini menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa masih rendah. Pembelajaran model blended learning pada materi article presentation dipilih untuk memacu mahasiswa lebih aktif dalam mengembangkan kemampuan berpikirnya, sehingga menjadikan pembelajaran lebih berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan kemampuan presentasi mahasiswa dalam bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan di rombel PGMIPABI Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang pada semester gasal tahun ajaran 2011/2012. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Semester 1. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika rombel PGMIPABI. Penelitian ini menggunakan desain one group pre test-post test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan awal presentasi dalam bahasa Inggris mahasiswa adalah 52,96 % dan rata – rata kemampuan akhir presentasi dalam bahasa Inggris mahasiswa adalah 87,50 % dengan faktor Gain sebesar 0,73. Hal ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model blended learning telah terjadi peningkatan kemampuan presentasi dalam bahasa Inggris yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran blended learning dapat meningkatkan kemampuan presentasi dalam bahasa Inggris mahasiswa Pendidikan Fisika rombel PGMIPABI. Disarankan perlu kiranya dipertimbangkan untuk menerapkan model pembelajaran blended learning pada materi lain sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: blended learning, kemampuan presentasi dalam bahasa Inggris, article presentation
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 May 2012 07:08
Last Modified: 25 May 2012 07:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12436

Actions (login required)

View Item View Item