Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Catatan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika SMPN 3 Ketanggungan


Khoiriyatin, Eli Asri., 4201408008 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Catatan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika SMPN 3 Ketanggungan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Catatan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika SMPN 3 Ketanggungan]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Catatan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika SMPN 3 Ketanggungan) - Published Version
Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan Catatan Terbimbing terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini didasari pada hasil studi pendahuluan di SMP N 3 Ketanggungan kelas VII tahun ajaran 2010/2011 bahwa ketuntasan klasikal dan aktivitas siswa belum memenuhi kriteria yang ditetapkan sekolah. Perlu dilakukan suatu upaya untuk memberikan solusi dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajarnya. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dipilih karena memberikan peluang tercapainya solusi ini. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, sedangkan sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen mendapat perlakuan berupa penerapan model pembelajaran NHT menggunakan media Catatan Terbimbing, sedangkan kelas kontrol penerapan NHT saja. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Dari hasil observasi selama proses pembelajaran diperoleh informasi peningkatan aktivitas belajar yang terlihat dari skor aspek afektif dan psikomotorik dalam kategori baik. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan berdasarkan hasil analisis data ketuntasan klasikal kelas eksperimen mencapai ketuntasan klaksikal, sedangkan kelas kontrol belum. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan Catatan Terbimbing efektif diterapkan pada pokok bahasan gerak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: NHT (Numbered Head Together), Catatan Terbimbing.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 May 2012 06:46
Last Modified: 25 May 2012 06:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12434

Actions (login required)

View Item View Item