Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII SMP RSBI.


Ade Retno.Pratiwi, , 4201408003 (2012) Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII SMP RSBI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII SMP RSBI.]
Preview
PDF (Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII SMP RSBI.) - Published Version
Download (13kB) | Preview

Abstract

Nilai hasil belajar kognitif siswa SMP Negeri 21 Semarang memiliki nilai dan ketuntasan yang baik namun tingkat kreativitas siswa ternyata masih rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII-G tahun ajaran 2011/2012. Oleh sebab itu kreativitas siswa perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan penerapan model Project Based Learning yang dapat meningkatkan kreativitas dan mengetahui besar peningkatan kreativitas siswa melalui penerapan model tersebut pada pokok bahasan measurement di SMP RSBI kelas VII tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dua siklus. Pada siklus I, siswa merancang alat ukur massa berupa timbangan sederhana dari penggantung pakaian dan gelas air minum. Pada siklus II, siswa merancang alat penunjuk panas sederhana dari botol bekas, sedotan, dan plastisin. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan persentase untuk menganalisis kreativitas dan hasil belajar serta menggunakan gain ternormalisasi untuk menganalisis peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning yang diawali dengan pemberian materi, diskusi kelompok dalam praktikum, pembuatan proyek, presentasi proyek, dan diakhiri dengan tes akhir dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat sebesar 0,525. Sikap kreatif siswa meningkat sebesar 0,544. Kreativitas aspek psikomotorik siswa meningkat sebesar 0,345. Selain itu, hasil belajar kognitif siswa juga meningkat sebesar 0,569.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: RSBI, Kreativitas, Measurement, Model Project Based Learning
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 May 2012 06:43
Last Modified: 25 May 2012 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12433

Actions (login required)

View Item View Item