Keefektifan Pembelajaran Bencana Alam Bervisi SETS terintegrasi dalam IPA dengan Media Animasi dan Lembar Pertanyaan.


Ferawati, F., 4201407043 (2012) Keefektifan Pembelajaran Bencana Alam Bervisi SETS terintegrasi dalam IPA dengan Media Animasi dan Lembar Pertanyaan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Bencana Alam Bervisi SETS Terintegrasi dalam IPA dengan Media Animasi dan Lembar Pertanyaan.]
Preview
PDF (Keefektifan Pembelajaran Bencana Alam Bervisi SETS Terintegrasi dalam IPA dengan Media Animasi dan Lembar Pertanyaan.) - Published Version
Download (85kB) | Preview

Abstract

Tingginya angka kejadian banjir di Indonesia menunjukkan bahwa masyarakat belum sepenuhnya menyadari peran sertanya dalam bencana alam banjir. Oleh karena itu perlu adanya pembelajaran bencana alam banjir. Pembelajaran bencana alam banjir secara formal dapat dimulai dari tingkat dasar. Pembelajaran berpendekatan SETS dengan media animasi dan lembar pertanyaan merupakan alternatif yang tepat untuk membelajarkan siswa sekolah dasar tentang bencana alam banjir. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan keefektifan pembelajaran bencana alam banjir bervisi SETS yang diintegrasikan dalam materi IPA pokok bahasan Perubahan Lingkungan Fisik dengan bantuan media animasi dan lembar pertanyaan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design yang meliputi tahap pretest¸ tahap pembelajaran, dan tahap postest. Penelitian dilakukan di SD N Bandarharjo 02 tahun ajaran 2010/2011. Kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen diajar menggunakan pendekatan SETS dengan media animasi dan lembar pertanyaan, sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan pendekatan ekspositori dengan bahan ajar tanpa media animasi dan lembar pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan pemahaman baik pada materi IPA ataupun materi bencana alam banjir lebih baik dibanding dengan kelas kontrol. Selain itu, kelas eksperimen dapat mencapai ketuntasan belajar baik secara individu ataupun klasikal, sedangkan kelas kontrol tidak mencapai ketuntasan belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bencana alam banjir bervisi SETS yang terintegrasi dalam materi IPA pokok bahasan Perubahan Lingkungan Fisik dengan media animasi dan lembar pertanyaan efektif digunakan pada siswa sekolah dasar kelas IV.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bencana alam banjir, SETS, media animasi
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 May 2012 06:36
Last Modified: 25 May 2012 06:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12431

Actions (login required)

View Item View Item