Penerapan Model Eksperimen Open Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika


Huda, S., 4201407042 (2012) Penerapan Model Eksperimen Open Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Eksperimen Open Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika]
Preview
PDF (Penerapan Model Eksperimen Open Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika) - Published Version
Download (59kB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi dewasa ini, tantangan peningkatan mutu dalam berbagi aspek kehidupan tidak dapat ditawar lagi. Hal ini berarti perlu adanya peningkatan sikap kompetitif secara sistematik dan berkelanjutan sumber daya manusia melalui pendidikan. Mahasiswa calon guru fisika perlu dibekali untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia lewat siswa yang akan diajar. Eksperimen gelombang open-inquiry merupakan model eksperimen yang menghadapkan mahasiswa pada masalah terbuka sehingga dapat membangkitkan (eliciting) dan meningkatkan (improving) kompetensi berpikir kritis. Dalam hal ini mahasiswa mampu mengembangkan dan menggunakan berpikir tingkat tinggi untuk menyelesaikan masalah terbuka. Sehingga diharapkan dapat diterapkan kepada siswa yang nantinya akan diajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek keterampilan berpikir kritis mahasiswa dan efektifitas penerapan eksperimen open inquiry dalam meningkatkan keterampilan berpikir mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan one-shot case study sebagai desain penelitian. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi keterampilan berpikir kritis. Hasil rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis mahasiswa dijadikan acuan untuk menentukan efektifitas open inquiry dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan one sample t-test. Berdasarkan analisis data hasil penelitian nilai rata-rata tiap aspek keterampilan berpikir mahasiswa mengalami peningkatan dari eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 72 yang artinya sudah mencapai ketuntasan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa eksperimen open inquiry dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru fisika

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Eksperimen, Open Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 May 2012 06:33
Last Modified: 25 May 2012 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12430

Actions (login required)

View Item View Item