Keefektifan Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Bermuatan Nilai Karakter Bangsa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP


Asfiyah, Yuni, 4101407111 (2012) Keefektifan Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Bermuatan Nilai Karakter Bangsa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Bermuatan Nilai Karakter Bangsa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP]
Preview
PDF (Keefektifan Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Bermuatan Nilai Karakter Bangsa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP) - Published Version
Download (119kB) | Preview

Abstract

Observasi yang dilakukan di SMP Negeri 11 Semarang menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di sekolah tersebut belum optimal. Hasil UN tahun 2011 menyatakan pencapaian daya serap penguasaan materi luas permukaan bangun ruang sisi lengkung sebesar 33,47% dan pencapaian daya serap penguasaan materi volum bangun ruang sisi lengkung sebesar 61,57%. Persentase tersebut masih di bawah KKM klasikal yang ditetapkan sekolah yaitu 75%. Hal ini dapat dikarenakan belum optimalnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran dan pemanfaatan alat peraga. Permasalahan yang muncul dalam penelitian adalah apakah hasil belajar peserta didik pada pembelajaran kooperatif tipe NHT bermuatan nilai karakter bangsa dengan bantuan alat peraga dan kartu soal dapat mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik dibandingkan pembelajaran ekspositori dengan bantuan alat peraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran kooperatif tipe NHT bermuatan nilai karakter bangsa dengan bantuan alat peraga dan kartu soal dan untuk mengetahui bahwa model tersebut lebih efektif daripada pembelajaran ekspositori dengan bantuan alat peraga. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 11 Semarang Kota Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampelnya yaitu peserta didik kelas IX F sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IX G sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Kelas eksperimen dikenai pembelajaran kooperatif tipe NHT bermuatan nilai karakter bangsa dengan bantuan alat peraga dan kartu soal, sedangkan kelas kontrol dikenai pembelajaran ekspositori dengan bantuan alat peraga. Nilai karakter yang dimuat adalah teliti, kreatif, pantang menyerah, dan rasa ingin tahu. Hasil penelitian diperoleh proporsi ketuntasan belajar kelas eksperimen adalah 90,6%, sedangkan proporsi ketuntasan belajar kelas kontrol adalah 75%. Pada uji ketuntasan hasil belajar, diperoleh 64,109279,2tabelhitungzz maka hasil belajar telah mencapai ketuntasan. Hasil uji perbedaan dua proporsi, diperoleh 64,1656631,1tabelhitungzz, maka proporsi ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen lebih besar dibandingkan proporsi ketuntasan belajar peserta didik kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar peserta didik yang terbiasa dengan pembelajaran yang terpusat pada guru, mulai dibiasakan dengan pembelajaran yang menuntut kemandirian. Disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk mengukur nilai karakter bangsa. Selain itu, disarankan juga untuk menganalisis hasil lembar pengamatan kinerja guru dan keaktifan peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: NHT, Nilai Karakter Bangsa, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 May 2012 01:37
Last Modified: 25 May 2012 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12418

Actions (login required)

View Item View Item