Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Matematika.


Wahyu Sigit.Arifianto, , 4101405509 (2011) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Matematika. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Matematika.]
Preview
PDF (Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Matematika.) - Published Version
Download (13kB) | Preview

Abstract

Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional dan kreativitas. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika? 2) Apakah ada pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar matematika? 3) Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika? Subyek penelitian diambil 40 siswa kelas XI-A MAN 2 Pekalongan. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah random sampling. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan kecerdasan emosional sebagai variabel eksogen sedangkan yang menjadi variabel endogen adalah kreativitas dan prestasi belajar. Dalam proses analisis data dipecah menjadi 2 sub-struktural, substruktural 1 menganalisis hubungan kausal kecerdasan emosional terhadap kreativitas, sedangkan sub-struktural 2 menganalisis hubungan kausal kecerdasan emosional dan kreativitas terhadap prestasi belajar. Dalam sub-struktural 2 pengujian dilakukan dua kali, yaitu pengujian secara simultan (keseluruhan) dan pengujian secara individu. Kontribusi kecerdasan emosional secara langsung terhadap prestasi belajar 19,53%, kontribusi kreativitas terhadap prestasi belajar secara langsung 29,81%, sedangkan kontribusi kecerdasan emosional secara tidak langsung terhadap prestasi belajar melalui kreativitas 5,81%. Berdasarkan analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas XI MAN 2 Pekalongan. Dapat disimpulkan pula bahwa masih ada variabelvariabel lain yang mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah 1) Mengoptimalkan kecerdasan emosional dan melatih kreativitas siswa dalam proses mengajar. 2) Dan untuk penelitian lanjutan perlu menambahkan variabelvariabel yang lain, yang tidak tercakup dalam penelitian ini mengingat proses belajar dan prestasi peserta didik juga banyak dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kreativitas, Matematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 May 2012 07:20
Last Modified: 24 May 2012 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12412

Actions (login required)

View Item View Item