Hubungan Kompetensi Guru PKn Pasca Sertifikasi dan Prestasi Belajar Siswa di Kecamatan Gunungpati


Sri Lestari, 3401408082 (2012) Hubungan Kompetensi Guru PKn Pasca Sertifikasi dan Prestasi Belajar Siswa di Kecamatan Gunungpati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Kompetensi Guru PKn Pasca Sertifikasi dan Prestasi Belajar Siswa di Kecamatan Gunungpati]
Preview
PDF (Hubungan Kompetensi Guru PKn Pasca Sertifikasi dan Prestasi Belajar Siswa di Kecamatan Gunungpati) - Published Version
Download (11kB) | Preview

Abstract

Guru profesional harus menguasai kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Upaya untuk menjadikan guru profesional salah satunya dengan sertifikasi. Pemerintah menetapkan program sertifikasi guru dalam rangka meningkatkan kemampuan mengajar dan kesejahteraan guru. Guru yang telah sertifikasi diharapkan mampu menguasai kompetensi guru, karena dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kompetensi guru PKn pasca sertifikasi dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang diajar oleh guru PKn SMP dan SMA yang telah sertifikasi di Kecamatan Gunungpati. Variabel yang dikaji adalah kompetensi pedagogik (X1), kepribadian (X2), sosial (X3), profesional (X4) dan prestasi belajar (Y). Metode pengumpulkan data adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji korelasi ganda antara kompetensi guru yang terdiri pedagogik, kepribadian, sosial, profesional secara bersama-sama dan prestasi belajar siswa adalah R = 0,357. R hitung < R tabel (0,357 > 0.195) berarti ada hubungan. Hipotesis ada hubungan kompetensi guru PKn pasca sertifikasi dan prestasi belajar siswa di Kecamatan Gunungpati, diterima. Uji korelasi setiap sub variabel X1 (pedagogik), X2 (kepribadian), X3 (sosial), X4 (profesional) dan Y (prestasi belajar) hasilnya adalah hasil korelasi kompetensi pedagogik dan prestasi belajar (ryx1) adalah 0,214 dengan probabilitas signifikasi 0,033 < 0,05 berarti memiliki hubungan. Hasil korelasi kompetensi kepribadian dan prestasi belajar (ryx2) adalah -0,241 dengan probabilitas signifikasi 0,016 < 0,05 berarti memiliki hubungan. Hasil korelasi kompetensi sosial dan prestasi belajar (ryx3) adalah -0,50 dengan probabilitas signifikasi 0,624 > 0,05 berarti tidak memiliki hubungan. Hasil korelasi kompetensi profesional dan prestasi belajar (ryx4) adalah -0,146 dengan probabilitas 0,147 > 0,05 berarti tidak memiliki hubungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara kompetensi guru PKn (pedagogik, kepribadian, sosial, profesional) secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa, namun dilihat hubungan setiap komponen kompetensi dengan prestasi belajar hanya kompetensi pedagogik dan kepribadian yang memiliki hubungan. Prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh cara belajar siswa. Cara belajar siswa lebih banyak dipengaruhi oleh individu siswa itu sendiri (jasmani, psikologi, intelegensi, bakat, minat, kesiapan, kematangan) dan lingkungan sekitar baik keluarga maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Sertifikasi, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 May 2012 02:32
Last Modified: 24 May 2012 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12397

Actions (login required)

View Item View Item