Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKPS/IPS Sejarah Dengan Menggunakan Media Gambar pada Pokok Bahasan Peninggalan Bangunan Bersejarah pada Siswa Kelas IV SD Gisikdrono 04 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang, tahun Ajaran 2005/2006.
Siti Khotimah, 3101404519 (2006) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKPS/IPS Sejarah Dengan Menggunakan Media Gambar pada Pokok Bahasan Peninggalan Bangunan Bersejarah pada Siswa Kelas IV SD Gisikdrono 04 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang, tahun Ajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKPS/IPS Sejarah Dengan Menggunakan Media Gambar pada Pokok Bahasan Peninggalan Bangunan Bersejarah pada Siswa Kelas IV SD Gisikdrono 04 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang, tahun Ajaran 2005)
- Published Version
Download (145kB) | Preview |
Abstract
Prinsip pengajaran yang baik adalah jika proses belajar mengajar mampu mengembangkan konsep generalisasi dari bahan abstrak menjadi hal yang jelas dan nyata. Maksudnya, proses belajar mengajar dapat membawa perubahan pada diri anak dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari pemahaman yang bersifat umum menjadi khusus. Media pembelajaran dapat mermbantu menjelaskan bahan yang abstrak menjadi realistik. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar dalam pelajaran PKPS/Sejarah pada pokok bahasan peninggalan bangunan bersejarah pada siswa Kelas IV SDN Gisikdrono 04 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang melalui penggunaan media gambar?. Tujuan yang akan diperoleh melalui penelitian ini adalah untuk menjelaskan upaya meningkatkan prestasi belajar dalam pelajaran PKPS/Sejarah pada pokok bahasan peninggalan bangunan bersejarah pada siswa kelas IV SDN Gisikdrono 04 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang melalui penggunaan media gambar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Gisikdrono 04 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut: Hasil belajar siswa pada siklus I adanya peningkatan dibandingkan sebelum pembelajaran dengan media gambar. Sebelum pembelajaran, hasil belajar siswa menunjukkan dari 42 orang siswa kelas IV, 30 orang (72%) siswa mendapatkan nilai di bawah 6, dan hanya 12 orang siswa (28%) yang mendapat diatas 6. Sesudah pembelajaran dilakukan hasilnya menjadi 15 orang siswa mendapatkan nilai di bawah 6, dan 27 orang mendapatkan nilai di atas 6. Keseluruhan rata-rata kelas menjadi 6,5; Sebelum diberi pembelajaran, hasil belajar siswa siswa pada siklus I dari 42 orang siswa kelas IV, 15 orang siswa mendapatkan nilai di bawah 6, dan 27 orang mendapatkan nilai di atas 6. Secara keseluruhan ratarata kelas menjadi 6,50. Sesudah siklus II dilakukan hasilnya menjadi 5 orang siswa mendapatkan nilai di bawah 6, dan 37 orang mendapatkan nilai di atas 6. Secara keseluruhan rata-rata kelas menjadi 7,50; Upaya guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan media gambar atau foto. Saran sebagai berikut : Guru dalam setiap pembelajaran sejarah yang dilakukannya perlu mempersiapkan media yang digunakan untuk menjadikan pembelajaran sejarah lebih mudah dipahami dan disenangi; Kepala sekolah perlu memfasilitasi ketersediaan media pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar, Prestasi, Belajar |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 11 Apr 2011 03:11 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1239 |
Actions (login required)
View Item |