Pendayagunaan Media Internet Sebagai Sumber Belajar IPS Geografi Di SMP se-Kecamatan Jati Kabupaten Kudus.


Chorri Yuliati., 3201406563 (2012) Pendayagunaan Media Internet Sebagai Sumber Belajar IPS Geografi Di SMP se-Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pendayagunaan Media Internet Sebagai Sumber Belajar IPS Geografi Di SMP se-Kecamatan Jati Kabupaten Kudus.]
Preview
PDF (Pendayagunaan Media Internet Sebagai Sumber Belajar IPS Geografi Di SMP se-Kecamatan Jati Kabupaten Kudus.) - Published Version
Download (173kB) | Preview

Abstract

Teknologi informasi telah membantu kita dalam segala aspek kehidupan, seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat tersebut seharusnya kualitas sumber daya manusia khususnya para guru sebagai tenaga pendidik juga ikut meningkat. Dalam menggunakan media internet guru dan siswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi IPS Geografi yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya serta dapat membuat siswa tahu dan paham terhadap pelajaran IPS Geografi yang akhirnya berdampak pada kenaikan nilai belajar IPS Geografi siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah ketersediaan sarana dan prasarana media internet sebagai sumber belajar IPS Geografi di SMP se-Kecamatan Jati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana media internet di SMP se-Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang mengajar mata pelajaran IPS Geografi di SMP se-Kecamatan Jati yang berjumlah 9 orang guru sedangkan siswa yang berjumlah 2309 orang siswa. Untuk guru IPS geografi diambil total sampling atau diambil seluruhnya dari populasi yang ada dengan jumlah 9 orang guru dan siswa yang berjumlah 2309 orang siswa diambil 10% dari jumlah semua siswa SMP se-Kecamatan Jati yaitu menjadi 230 siswa dari tiga sekolah. SMP N 1 Jati sampel 77 orang siswa, SMP N 2 Jati sampel 76 orang siswa dan SMP Almaruf sampel 77 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah 1). Profil guru IPS geografi, 2). Pembelajaran IPS geografi yang bersumber dari internet, 3). Ketersediaan sarana dan prasarana media internet. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan angket. Data analisis dengan menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukan ketersediaan sarana dan prasarana media internet di SMP se-Kecamatan Jati bahwa profil guru yang mengajar IPS geografi di SMP se-Kecamatan Jati tergolong baik yakni dengan persentase 66,67%. Pembelajaran IPS geografi yang bersumber dari internet di SMP se-Kecamatan Jati tergolong cukup yakni dengan persentase 65,28% karena di dukung adanya sarana dan prasarana media internet di sekolah yang baik yakni dengan persentase sebesar 69,95%. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan ketersediaan sarana dan prasarana media internet antara SMP Negeri dan SMP Swasta se- Kecamatan Jati yakni di SMP Negeri termasuk kriteria cukup yakni persentase sebesar 58,24% dan ketersediaan sarana dan prasarana internet SMP Swasta termasuk kriteria baik yakni persentase sebesar 73,30%, maka ada perbedaan antara SMP Negeri dengan SMP Swasta

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internet, Sumber Belajar, IPS Geografi.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2012 02:00
Last Modified: 23 May 2012 02:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12369

Actions (login required)

View Item View Item