Perbandingan Penggunaan Media Video Animasi dengan Media Gambar Slide terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012


Sukur Triwiyono, 3201406505 (2012) Perbandingan Penggunaan Media Video Animasi dengan Media Gambar Slide terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbandingan Penggunaan Media Video Animasi dengan Media Gambar Slide terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012]
Preview
PDF (Perbandingan Penggunaan Media Video Animasi dengan Media Gambar Slide terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (14kB) | Preview

Abstract

Peran media dalam pembelajaran di kelas sangatlah penting dalam upaya memperbaiki proses pembelajaran agar efektif dan fungsional, karena media merupakan satu siklus dalam pembelajaran yang tak dapat dipisahkan. Maka dalam hal ini diperlukan penggunaan media pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa baik kognitif, afektif maupun psikomotoris dapat tercapai sesuai indikator keberhasilannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotoris siswa dalam pembelajaran Georafi dengan menggunakan media video animasi dan media gambar slide pada kelas X MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpul data dengan dokumentasi, tes, observasi dan angket, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif persentase dan uji t. Hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen dan kontrol sama-sama mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen pada tes awal sebesar 53,74 menjadi 66,44 sedangkan kelas kontrol pada tes awal 52,75 menjadi 58,00. Dari hasil uji pebedaan dua rata-rata diperoleh thitung sebesar 2,25 pada taraf signifikan 5% sebesar diperoleh ttabel sebesar 1,99 maka thitung lebih besar dari pada ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sementara itu, hasil belajar afektif siswa kelas eksperimen sebesar 75,29 % dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 60,56 %. Sedangkan, hasil belajar psikomotoris siswa kelas eksperimen hanya 68,24 % dan 56, 66 % untuk kelas kontrol. Saran yang dapat diberikan yaitu: Kepada siswa agar dapat memanfaatkan media video animasi untuk memahami materi pelajaran yang lain; Kepada guru mata pelajaran geografi untuk lebih sering memanfaatkan secara maksimal media video animasi dalam pembelajaran agar siswa termotivasi serta memperoleh pengalaman yang konkret atau nyata; Kepada pihak sekolah agar dapat meningkatkan sarana pendukung berupa LCD proyektor dan memperbaiki fokus atau ketajaman LCD proyektor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2012 01:54
Last Modified: 23 May 2012 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12367

Actions (login required)

View Item View Item