Pengaruh tempat pelelangan ikan (TPI) Karanganyar terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat nelayan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Tahun 1998-2008.


Ariska.Yuli Safitri, , 3150407008 (2012) Pengaruh tempat pelelangan ikan (TPI) Karanganyar terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat nelayan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Tahun 1998-2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh tempat pelelangan ikan (TPI) Karanganyar terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat nelayan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Tahun 1998-2008.]
Preview
PDF (Pengaruh tempat pelelangan ikan (TPI) Karanganyar terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat nelayan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Tahun 1998-2008.) - Published Version
Download (59kB) | Preview

Abstract

TPI Karanganyar didirikan untuk menampung kegiatan masyarakat perikanan, terutama terhadap aspek produksi, pengolahan dan pemasaran bagi masyarakat nelayan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Keberadaan TPI berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat nelayan yang hidup di sekitarnya. Namun, kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana sejarah berdirinya TPI Karanganyar?, (2) Bagaimanakah Perkembangan TPI Karanganyar?, (3) Bagaimanakah Pengaruh Tempat Pelelangan Ikan TPI Karanganyar?. Tujuan dari penelitian adalah: (1) Mengetahui Sejarah berdirinya TPI Karanganyar (2) Mengetahui Perkembangan TPI Karanganyar 1998-2008 (3) Mengetahui Pengaruh TPI Karanganyar Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat Nelayan. Metode sejarah merupakan metode yang dipakai dalam penelitian ini. Penggunaan metode sejarah berfungsi sebagai kerangka dalam menyusun skripsi agar terstruktur dan kredibel. Langkah dalam metode sejarah meliputi empat tahap, yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa: (1) Sejarah berdirinya TPI Karanganyar berkaitan erat dengan aktivitas perikanan masyarakar nelayan di sekitarnya, TPI bermula dari pasar ikan tradisional yang berkembang serta diresmikan menjadi TPI, (2) Perkembangan fungsi TPI Karanganyar berjalan cukup siginifikan, pada tahun 1990 mulai dilakukan perluasan lokasi TPI Karanganyar. Lantai tempat lelang diperluas, disediakan lokasi parkir untuk kendaraan beroda dua dan empat, dibangun fasilitas sanitasi dan saluran pembuangan limbah, dibangun musholla dan kamar mandi umum. Pada tahun 1981 didirikan koperasi nelayan. Dalam perkembangannya Koperasi inilah yang selanjutnya mengelola TPI di Desa Karanganyar, (3) Keberadaan Tempat Pelelangan Ikan di Karanganyar membawa pengaruh yang baik dalam bidang sosial ekonomi masyarakat nelayan Kragan pada tahun 1998-2008 yang ditandai dengan meningkatnya pendapatan, pendidikan, kesehatan nelayan. Di samping itu adanya TPI di Karanganyar juga membawa pengaruh bagi munculnya lapangan pekerjaan baru dan berbagai dana bagi peningkatan kesejahteraan nelayan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Kondisi Sosial Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2012 00:56
Last Modified: 23 May 2012 00:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12359

Actions (login required)

View Item View Item