Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Picture,Movie, and Student Active (PICMOSA) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Moga Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.


Ijatul Khoeriyah., 3101408009 (2012) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Picture,Movie, and Student Active (PICMOSA) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Moga Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Picture,Movie, and Student Active (PICMOSA) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Moga Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.]
Preview
PDF (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Picture,Movie, and Student Active (PICMOSA) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Moga Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.) - Published Version
Download (83kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam waktu tertentu baik berupa perubahan tingkah laku, keterampilan dan pengetahuan dan kemudian akan diukur dan dinilai yang kemudian diwujudkan dalam angka atau pernyataan. Factor- factor yang mempengaruhi Prestasi Belajar adalah karena factor intern dan factor ekstern. Model pembelajaran PICMOSA adalah model pembelajaran yang menyajikan fakta sejarah dalam bentuk film-film documenter,foto atau gambar pelaku maupun peristiwa yang sebenarnya. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Inovatif Picture, Movie and Student Active (PICMOSA) terhadap pada Mata Pelajaran Sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Moga Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2011/2012?, 2) Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Inovatif Picture, Movie and Student Active (PICMOSA) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 1 Moga Kabupeten Pemalang tahun pelajaran 2011/2012? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI Program IPS SMA Negeri 1 Moga Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 120 siswa terbagi dalam 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini di ambil secara acak dengan menggunakan rumus Solvin dengan persen kelonggaran ketidak telitian karena kesalahan pengambilan sampel adalah 5 %, sehingga diperoleh sampel sebanyak 90 responden. Variable dalam penelitian ini terdiri dari Penerapan Model Pembelajaran Inovatif PICMOSA terhadap dan Prestasi Belajar. Metode Pengumpulan Data menggunakan angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis Deskriptif persantese dan Analisis statistik pendahuluan yaitu uji normalitas, Analisis prasyarat regresi yaitu persamaan regresi linear sederhana, uji kelinearan dan uji keberartian persamaan regresi, uji keberartian koefisien korelasi dan koefisien determinasi Hasil analisis deskriptif persentase menunjukan bahwa variable penerapan model pembelajaran inovatif PICMOSA tergolong baik dengan persentase sebesar 79,14%. Prestasi Belajar pada mata pelajaran sejarah dari deskripsi data diperleh rata-rata sebesar 75,98 dan termasuk dalam Kriteria tuntas berdasarkan nilai KKM yang ditentuakan yaitu 72, persentase sebesar 770,22%. Berdasarkan analisis data yang menggunakan persamaan regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 31,380 + 0,610 X dan uji keberartian persamaan regeresi dengan uji F diperoleh Fhitung = 119,57 > Ftabel = 3,949, hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antar penerapan model pembelajaran inovatif PICMOSA terhadap hasil belajar yaitu sebesar 57,61%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penerapan model pembelajaran Inovatif PICMOSA terhadap prestasi belajar siswa dan besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran Inovatif PICMOSA terhadap prestasi belajar adalah 57,61. Dari kesimpulan tersebut diambil saran, Dari 90 responden masih ada 9 siswa yang belum mencapai KKM hendaknya guru dan guru hendaknya perlu menerapkan model pembelajaran PICMOSA dengan lebih baik lagi agar pembelajaran sejarah lebih efektif dan factual serta mengadakan pengajaran ulang atau remedial, bagi siswa, Dari berbagai model pembelajaran yang digunakan didalam kelas pihak sekolah hendaknya lebih banyak menyediakan media dan sumber belajar, khususnya pada model pembelajaran Inovatif PICMOSA

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Inovatif, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2012 08:32
Last Modified: 22 May 2012 08:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12352

Actions (login required)

View Item View Item