Peranan Pondok Pesantren Buntet Cirebon Bagi Kemajuan Pendidikan Di Lingkungan Sekitar Tahun1958-2009


Wachid Abdul., 3101407083 (2012) Peranan Pondok Pesantren Buntet Cirebon Bagi Kemajuan Pendidikan Di Lingkungan Sekitar Tahun1958-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peranan Pondok Pesantren Buntet Cirebon Bagi Kemajuan Pendidikan Di Lingkungan Sekitar Tahun1958-2009]
Preview
PDF (Peranan Pondok Pesantren Buntet Cirebon Bagi Kemajuan Pendidikan Di Lingkungan Sekitar Tahun1958-2009) - Published Version
Download (64kB) | Preview

Abstract

Pesantren mempunyai sejarah panjang tentang peranannya dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam. Oleh Karena, itu peneliti ingin mengetahui tentang sejarah latar belakang terbentuknya pesantren Buntet Cirebon khususnya tentang perkembangan pendidikan yang mempengaruhi lingkungan di sekitar tahun 1958-2009. Permasalahan yang dibahas adalah latar belakang berdirinya, bagaimana proses perkembangan pesantren Buntet dan peranannya bagi kemajuan pendidikan di lingkungan sekitar. Tujuan yang ingin mengetahui latar belakang berdirinya pesantren Buntet, mengetahui perkembangan pondok pesantren Buntet Cirebon, mengetahui peranan pesantren Buntet Cirebon bagi kemajuan pendidikan di lingkungan sekitar tahun 1958-2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah meliputi langkah-langkah, (1) heuristik yaitu kegiatan mencari atau mengumpulkan data sejarah yang berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti. (2) kritik sumber yaitu mengkoreksi suatu data yang sudah terkumpul. (3) interpretasi yaitu usaha menafsirkan fakta-fakta sejarah. (4) historiografi yaitu kegiatan penulisan terhadap sumber-sumber yang diteliti sehingga menjadi sistematis. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bagaimana Peranan Pesantren Buntet dari berdirinya pesantren Buntet oleh Mbah Muqoyim hingga pada masa perkembangannya ketika Kyai Abbas sampai Kyai Mustahdi Abbas melakukan perubahan dengan membentuk yayasan lembaga pendidikan Islam yang tentunya peranan dari pesantren Buntet untuk memberikan cara pandang masyarakat dan membentuk sumber daya manusia yang lebih baik dengan memberikan pendidikan di sekolah dan luar sekolah serta membentuk lembaga pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peranan, Pondok Pesantren, Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2012 08:28
Last Modified: 22 May 2012 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12351

Actions (login required)

View Item View Item