Perbandingan Hasil Belajar Sejarah Siswa Menggunakan Media Video Game P10Ner Dengan Siswa Yang Menggunakan Film Dokumenter Pada Materi Perjuangan Pemerintah Dan Rakyat Indonesia Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Kelas IX SMP Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2011/2012.


Bayu Hernasia, 3101407062 (2012) Perbandingan Hasil Belajar Sejarah Siswa Menggunakan Media Video Game P10Ner Dengan Siswa Yang Menggunakan Film Dokumenter Pada Materi Perjuangan Pemerintah Dan Rakyat Indonesia Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Kelas IX SMP Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbandingan Hasil Belajar Sejarah Siswa Menggunakan Media Video Game P10Ner Dengan Siswa Yang Menggunakan Film Dokumenter Pada Materi Perjuangan Pemerintah Dan Rakyat Indonesia Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Kelas IX SMP Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran ]
Preview
PDF (Perbandingan Hasil Belajar Sejarah Siswa Menggunakan Media Video Game P10Ner Dengan Siswa Yang Menggunakan Film Dokumenter Pada Materi Perjuangan Pemerintah Dan Rakyat Indonesia Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Kelas IX SMP Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran ) - Published Version
Download (14kB) | Preview

Abstract

Banyak dijumpai siswa SMP Negeri 1 Magelang yang senang bermain game dan senangb ertukar film yang mereka miliki. Kebanyakan siswa cenderung kurang tertarik dengan pembelajaran yang hanya membaca buku maupun membaca slide power point. Media pembelajaran yang digunakan masih kurang berfariasi yaitu masih dominan menggunakan power point, sehingga diperlukan inovasi atau penerapan media-media pembelajaran yang lebih variatif. Dalam penelitian ini digunakan dua media yaitu video game dan film dokumenter. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menjelaskan hasil belajar sejarah siswa kelas IX SMP N I Magelang yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran video game, (2) menjelaskan hasil belajar sejarah siswa kelas IX SMP N I Magelang yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran film dokumenter, (3) menjelaskan perbedaan yang signifikan hasil belajar sejarah siswa kelas IX SMP N I Magelang antara yang menggunakan media pembelajaran video game dan film dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP N I Magelang Tahun ajaran2011/2012 yang berjumlah 166 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas IX F sebagai kelas eksperimen I (media video game) dankelas IX G sebagai kelas eksperimen II (film dokumenter). Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumen. Rancangane ksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized Pre-test and Post-test Comparation Design. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji t) dua pihak nilai post test diperoleh harga thitung (3.215) >ttabel(2,047), yang berarti ada perbedaan hasil belajar sejarah kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II. Perhitungan ketuntasan belajar ini mengacu pada KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang digunakan sekolah, yaitu sebesar 75. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 84,17 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 95,83% < 85 %. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen II sebesar 78,13 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 79,167 < 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar dengan media pembelajaran media video game mencapai ketuntasan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diajar menggunakan media pembelajaran film dokumenter. Hasil belajar sejarah siswa kelas IX SMP N 1 Magelang yang menggunakan media pembelajaran video game nilai tertinggi (95), nilai terendah (70), dan rata-ratanya (87,17). Jika dibandingkan dengan standar kriteria dari dinas pendidikan nasional ini masuk ke dalam kategori cukup baik. Hasil belajar sejarah siswa kelas IX SMP N 1 Magelang yang menggunakan media pembelajaran film dokumenter nilai tertinggi (90), nilai terendah (65), dan rata-ratanya (79,13). Jika dibandingkan dengan standar kriteria dari dinas pendidikan nasional ini masuk ke dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media, video game P10Ner, film dokumenter.
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2012 08:21
Last Modified: 22 May 2012 08:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12349

Actions (login required)

View Item View Item