Penerapan Model Pembelajaran Inquiri dengan Menggunakan Media Film Dokumenter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Wanadadi Banjarnegara.


Tri Anggoro, 3101407045 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Inquiri dengan Menggunakan Media Film Dokumenter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Wanadadi Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Inquiri dengan Menggunakan Media Film Dokumenter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Wanadadi Banjarnegara.]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Inquiri dengan Menggunakan Media Film Dokumenter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Wanadadi Banjarnegara.) - Published Version
Download (67kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Wanadadi Banjarnegara kurang maksimal. Siswa kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dan masih didominasi oleh guru. Guru belum memaksimalkan media yang sudah tersedia di sekolahan seperti LCD untuk pemutaran film dokumenter. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal masih rendah dan belum mencapai ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran Inquiri dengan menggunakan media Film Dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS I di SMA Negeri I Wanadadi Banjarnegara?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Inquiri dengan menggunakan media Film Dokumenter dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri I Wanadadi Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Wanadadi Banjarnegara yang berjumlah 34 siswa. Data tentang hasil belajar diperoleh dari tes evaluasi yang diberikan setiap akhir siklus. Data tentang keaktifan siswa dan kinerja guru diperoleh dari lembar observasi. Siswa dinyatakan tuntas belajar apabila nilai tes mata pelajaran sejarah ≥75, dengan persentase ketuntasan klasikal belajar ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiri dengan menggunakan media Film Dokumenter dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri I Wanadadi Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012. Siklus I keaktifan siswa mencapai 75% dengan kategori cukup aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87,5% dengan kategori sangat aktif. Sedangkan, sebelum penelitian nilai rata-rata kelas hanya sebesar 69,44 dengan ketuntasan klasikal sebesar 44,11%. Siklus I nilai rata-rata mencapai 73,14 dengan ketuntasan klasikal 64,70%. Selanjutnya, siklus II nilai rata-rata juga mengalami peningkatan sebesar 76,26 dengan ketuntasan klasikal mencapai 85,29%. Pada siklus II terjadi peningkatan dan sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar klasikal 75%. Mengacu dari hasil penelitian, maka penulis dapat mengajukan saran sebagai berikut : 1) Guru Sejarah dapat lebih kreatif untuk menggunakan model-model pembelajaran sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Guru sejarah dapat memaksimalkan media yang sudah tersedia di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inquiri, Media Film Dokumenter, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2012 07:50
Last Modified: 22 May 2012 07:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12346

Actions (login required)

View Item View Item