Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa Kelas VIII Di SMP 1 Negeri Kendal Tahun Ajaran 2011/2012.


Haning.Vianata, 3101407044 (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa Kelas VIII Di SMP 1 Negeri Kendal Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa Kelas VIII Di SMP 1 Negeri Kendal Tahun Ajaran 2011/2012.]
Preview
PDF (Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa Kelas VIII Di SMP 1 Negeri Kendal Tahun Ajaran 2011/2012.) - Published Version
Download (29kB) | Preview

Abstract

Sistem pembelajaran IPS Sejarah sampai saat ini masih didominasi oleh metode pembelajaran konvensional. Dimana metode ini tidak begitu banyak mengembangkan kemampuan berpikir siswa terutama dalam memecahkan suatu permasalahan. Sehingga siswa menjadi pasif. Akibatnya nilai hasil belajar pun tidak memuaskan.Kondisi tersebut disebabkan oleh masalah pengelolaan kelas yang kurang efektif. Model pembelajaran yang ada saat ini cenderung berlangsung satu arah, bersifat pasif dan hafalan dan tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Selain itu, kurangnya kepercayaan diri sering membuat siswa enggan untuk bertanya materi yang sebenarnya kurang mereka kuasai. Dengan sikap yang pasif tersebut menyebabkan tidak adanya interaksi timbal balik antara guru dan siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan model pembelajaran Question Student Have pada siswa kelas VIII SMP N 1 Kendal?, 2. Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Question Student Have (QSH) terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas VIII SMP N 1 Kendal?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mengetahui penerapan model pembelajaran Question Student Have pada siswa kelas VIII SMP N 1 Kendal. 2. mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Question Student Have pada siswa kelas VIII SMP N 1 Kendal. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan rancangan penelitian berupa metode eksperimen. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok yang dipilih sebagai objek penelitian. Dengan menggunakan data pre test dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata sebelum kelas tersebut mendapatkan perlakuan, dilanjutkan dengan pembelajaran diakhiri dengan pos test. Pada analisis data tahap awal setelah dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dua pihak diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa relatif sama. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Question Student Have dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Question Student Have pada mata pelajaran IPS bidang Sejarah kelas VIII SMP Negeri 1 Kendal yang dilihat dari skor post test. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket (kuesioner), wawancara, observasi, dan dokumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Question Student Have, Hasil Belajar, IPS sejarah.
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2012 07:48
Last Modified: 22 May 2012 07:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12345

Actions (login required)

View Item View Item