Hubungan antara Kesenangan Bermusik dengan Hasil Belajar Seni Musik Siswa SMP Negeri 5 Batang.


Dwiatma Aditya.Febtiawan, 2503408018 (2012) Hubungan antara Kesenangan Bermusik dengan Hasil Belajar Seni Musik Siswa SMP Negeri 5 Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan antara Kesenangan Bermusik dengan Hasil Belajar Seni Musik Siswa SMP Negeri 5 Batang.]
Preview
PDF (Hubungan antara Kesenangan Bermusik dengan Hasil Belajar Seni Musik Siswa SMP Negeri 5 Batang.) - Published Version
Download (34kB) | Preview

Abstract

Kesenangan bemusik yang diwujudkan dalam bentuk kepuasan hati, kelegaan, kesukaan, kenikmatan, kenyamanan, kebahagiaan dalam belajar musik merupakan faktor psikologis yang secara langsung menjadi pendorong bagi siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar mata pelajaran seni musik disekolah yang pada akhirnya berbuah pada perolehan hasil belajar seni musik yang semakin baik. Terkait dengan hal tersebut penulis tertarik mengkaji permasalahan tentang: 1) Apakah terdapat hubungan antara kesenangan bermusik dengan hasil belajar seni musik?, 2) Apakah terdapat pengaruh kesenangan bermusik terhadap hasil belajar seni musik? Dan 3) Seberapa besar dukungan atau kontribusi kesenangan bermusik terhadap hasil belajar seni musik?. Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survei ini menggunakan populasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Batang berjumlah 230 siswa yang tersebar dalam 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional simple random sampling dengan mengambil 15% siswa dari masing-masing kelas (36 siswa) secara acak. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, analisis korelasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata kesenangan bermusik siswa mencapai 79,97% yang masuk kategori tinggi sedangkan rata-rata hasil belajar seni musik siswa mencapai 70,03 yang masuk dalam kategori baik. Dari hasil analisis korelasi diperoleh nilai rhitung = 0,557 > rtabe = 0,329, hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kesenangan bermusik dengan hasil belajar seni musik. Dari hasil analisis regresi diperoleh nilai Fhitung = 15,33 > Ftabel = 4,13, hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kesenangan bermusik dengan hasil belajar seni musik. Sedangkan dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 0,3108, hasil ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kesenangan bermusik dengan hasil belajar seni musik adalah 31,08%. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini, yaitu: 1) Kepada guru mata pelajaran seni musik untuk meningkatkan tingkat kesenangan siswa dalam bermusik dengan cara membuat mata pelajaran seni musik tersebut menjadi lebih menyenangkan dan tidak menjadi beban bagi siswa, sehingga siswa akan lebih senang dengan musik dan akan merasa tidak terbebani dengan adanya pelajaran seni musik, 2) Bagi sekolah hendaknya berusaha memberikan dukungan terhadap mata pelajaran seni musik dengan menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang memadai agar kegiatan pembelajaran seni musik dapat terlaksana secara baik, dan 3) Bagi pelitian lain yang tertarik melakukan kajian sejenis dapat mengkaji variabel selain kesenangan bermusik yang mempengaruhi dan berhubungan dengan hasil belajar seni musik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hubungan antara Kesenangan Bermusik, Hasil Belajar Seni Musik
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2012 03:13
Last Modified: 22 May 2012 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12334

Actions (login required)

View Item View Item