Bentuk Pertunjukan Musik Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol di Semarang : Kajian Bentuk dan Fungsi.


Euis Septia Alviani , 2503407053 (2012) Bentuk Pertunjukan Musik Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol di Semarang : Kajian Bentuk dan Fungsi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Bentuk Pertunjukan Musik Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol di Semarang : Kajian Bentuk dan Fungsi.]
Preview
PDF (Bentuk Pertunjukan Musik Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol di Semarang : Kajian Bentuk dan Fungsi.) - Published Version
Download (220kB) | Preview

Abstract

Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol adalah orkes dangdut parodi satu-satunya yang berada di Kota Semarang. Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol memiliki keunikan yang berbeda diantara orkes musik parodi lainnya. Hal ini ditunjukan bahwa keunikan kolaborasi musik dangdut dan parodi merupakan kolaborasi yang sangat menjunjung nilai norma-norma yang berlaku. Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol memiliki nilai musikalitas yang sangat tinggi karena kelompok musik ini berpendidikan di bidang seni, khususnya seni musik. Ide kreatifitas yang tinggi dan menghasilkan warna baru dalam dunia musik dangdut, menjadikan musim Senggol Tromol menjadi musik yang bisa diterima di semua kalangan masyarakat kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pertunjukan musik dan fungsi musik Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol bagi masyarakat Kota Semarang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi Penelitian di bascame para pemain musik Senggol Tromol yaitu Kafe Old di Gang Cempaka Sari, No. 89 Sekaran, Gunung Pati, Semarang. Teknik pengumpulan data antara lain : teknik observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini diskriptif kualitatif, yaitu analisis yang tidak berdasarkan perhitungan angka melainkan dalam bentuk pernyataan yang diungkapkan secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk musik yang dimiliki Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol adalah bentuk musik campuran. Bentuk musik yang dimiliki Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol adalah bentuk pertunjukan musik Orkrestrasi yang ber genre musik dangdut. Fungsi musik yang terkandung dalam Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol bagi masyarakat Kota Semarang, yaitu musik sebagai pengungkapan emosional, penghayatan estetis, hiburan, komunikasi, perlambangan, rekasi jasmani, kesinambungan budaya, berkaitan dengan norma sosial, pengintregasian masyarakat, hiburan pribadi dan presentasi estetis. Berdasarkan kesimpulan tersebut, saran yang diberikan untuk meningkatkan mutu musikal adalah : (1). Perlu diperhatikan lagi secara matang mengenai persiapan sebelum pementasan. (2) Lebih dikembangkan kembali dalam pembuatan konsep atau tema lagu. Sehingga terkesan lebih berfariasi pada setiap penuangan karyanya, agar penyampaian makna tema lagu kepada penonton atau pendengar tidak terasa jenuh, monoton.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Pertunjukan Musik Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol Kajian Bentuk dan Fungsi.
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2012 03:04
Last Modified: 22 May 2012 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12329

Actions (login required)

View Item View Item