Peningkatan Hasil Belajar Materi CVT (Continously Variable Transmission) Dengan Menggunakan Engine Cutting CVT Stand Sepeda Motor (Skubek) Pada Mata Kuliah Praktik Sepeda Motor


Tri Wahyu Hidayat, 5201407037 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Materi CVT (Continously Variable Transmission) Dengan Menggunakan Engine Cutting CVT Stand Sepeda Motor (Skubek) Pada Mata Kuliah Praktik Sepeda Motor. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Materi CVT (Continously Variable Transmission) Dengan Menggunakan Engine Cutting CVT Stand Sepeda Motor (Skubek) Pada Mata Kuliah Praktik Sepeda Motor ] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Materi CVT (Continously Variable Transmission) Dengan Menggunakan Engine Cutting CVT Stand Sepeda Motor (Skubek) Pada Mata Kuliah Praktik Sepeda Motor ) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : seberapa besar hasil belajar mahasiswa materi CVT dengan menggunakan metode ceramah biasa, seberapa besar hasil belajar mahasiswa materi CVT setelah menggunakan media peraga engine cutting CVT stand sepeda motor (skubek), apakah ada peningkatan hasil belajar sesudah menggunakan alat peraga engine cutting CVT stand. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang angkatan 2009 peserta mata kuliah Praktik Sepeda Motor dan Motor Kecil yang terdiri dari 3 rombel dengan jumlah 87 mahasiswa. Sampel diambil secara acak dengan metode random sampling, kemudian diperoleh rombel 1 sebagai kelompok eksperimen dan rombel 3 sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi dan observasi. Sebelum dilakukan uji hipotesis data dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hipotesis diuji dengan uji t menggunakan rumus uji satu pihak atau uji t pihak kanan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar kompetensi CVT pada kelompok kontrol yang semula 58,8 meningkat menjadi 70,8 atau terjadi peningkatan sebesar 12 (16,95%). Sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar kompetensi CVT yang semula 59,17 meningkat menjadi 80,69, sehingga terjadi peningkatan sebesar 21,52 (26,67%). Hasil analisis uji-t nilai post-test juga menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kompetensi CVT antara mahasiswa yang diberi pembelajaran menggunakan media peraga engine cutting CVT stand dengan pembelajaran metode ceramah biasa, dimana mahasiswa yang diberi pembelajaran dengan media peraga engine cutting CVT stand mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan media peraga engine cutting CVT stand dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi CVT (Continously Variable Transmission).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media peraga, engine cutting CVT stand, hasil belajar
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 May 2012 02:08
Last Modified: 22 May 2012 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12318

Actions (login required)

View Item View Item