Karakteristik dan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang


Puji Siswo, 5201406536 (2011) Karakteristik dan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Karakteristik dan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Karakteristik dan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Hubungan antara dunia teknik dan wirausaha, sangat erat kaitannya. Seorang wirausahawan yang mempunyai dasar pendidikan teknik pasti akan lebih mudah dalam menjalankan usahanya. Karena dalam pendidikan ini mahasiswa teknik di bekali materi perkuliahan baik teori maupun praktik, sehingga untuk skill atau keterampilan pada diri mahasiswa akan lebih baik, hal inilah yang dimungkinkan akan menumbuhkan motivasi dan membentuk karakter mereka dalam berwirausaha. Pemasalahan yang dikaji dalam penelitian ini: 1) Seberapa karakteristik berwirausaha mahasiswa Fakultas Teknik UNNES? 2) Seberapa motivasi berwirausaha mahasiswa Fakultas Teknik UNNES? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa karakteristik dan seberapa motivasi berwirausaha mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang angkatan 2007. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Teknik UNNES angkatan 2007 sebanyak 364 mahasiswa. Sampel sebanyak 55 siswa. Variabel yang diteliti yaitu kewirausahaan mahasiswa Teknik. Data diperoleh dari angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskripsi presentase. Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa karakteristik dan motivasi berwirausaha mahasiswa Fakultas Teknik (angkatan 2007) Teknik mesin karakteristik berwirausaha sebesar 59,52% dan motivasi sebesar 55,95%, Teknik sipil karakteristik berwirausaha sebesar 51,66% dan motivasi sebesar 53,12%, TJP karakteristik berwirausaha sebesar 61,42 dan motivasi sebesar 63,39%, Teknik elektro karakteristik sebesar 55,62% dan motivasi sebesar 54,68%. Karakteristik berwirausaha yang sangat menonjol yaitu karakteristik yang berorientasi pada tugas dan hasil yaitu sebesar 85,4% dan motivasi berwirausaha mahasiswa teknik sangat menonjol yaitu motivasi ekstrinsik yaitu sebesar 79,5%. Hal ini menunjukkan bahwa karakteristik dan motivasi berwirausaha mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang sudah tinggi. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh rxy = 0,6238 > rtabel = 0,444 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakakteristik dan motivasi berwirausaha mahasiswa Fakultas Teknik tergolong tinggi. Disarankan agar diupayakan peningkatan pembelajaran tentang mata kuliah kewirausahaan dan praktek kerja lapangan untuk menumbuhkan kepercayaan diri siswa, berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil resiko, berjiwa kepemimpinan, keorisinilan, berorientasi ke masa depan, jujur dan tekun. Dengan adanya upaya dari peningkatan mata kuliah kewirausahaan dan praktek kerja lapangan dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk meningkatan karakteristik dan motivasi mereka dalam berwirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Motivasi, Wirausaha
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 May 2012 01:59
Last Modified: 22 May 2012 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12315

Actions (login required)

View Item View Item