Peningkatan Kompetensi Mengatasi Gangguan Regulator Sistem Pengisian dengan Penerapan Alat Peraga Sistem Pengisian Berbasis Kerja Rangkaian


Muhammad Wahyudin, 5201406026 (2012) Peningkatan Kompetensi Mengatasi Gangguan Regulator Sistem Pengisian dengan Penerapan Alat Peraga Sistem Pengisian Berbasis Kerja Rangkaian. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kompetensi Mengatasi Gangguan Regulator Sistem Pengisian dengan Penerapan Alat Peraga Sistem Pengisian Berbasis Kerja Rangkaian] Microsoft Word (Peningkatan Kompetensi Mengatasi Gangguan Regulator Sistem Pengisian dengan Penerapan Alat Peraga Sistem Pengisian Berbasis Kerja Rangkaian) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan alat peraga sistem pengisian berbasis kerja rangkaiaan saat pelaksanaan pembelajaran pada perkuliahan praktik kelistrikan engine khususnya pada kompetensi mengatasi gangguan regulator sistem pengisian pada mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga sistem pengisian berbasis kerja rangkaian mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mengatasi gangguan regulator sistem pengisian pada perkuliah Praktik Kelistrikan Engine Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang semu atau Quasi Eksperiment Desain dengan pola pre test-post test one group design karena penelitian ini tidak lagi menguji sebuah perlakuan, namun peneliti sudah mempunyai keyakinan akan ampuhnya suatu perlakuan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Semarang angkatan 2009 yang mengikuti perkuliahan Praktik Kelistrikan Engine sebanyak 40 mahasiswa. Hasil analisis data membuktikan bahwa pada kelompok kontrol tanpa mendapat perlakuan dengan memperoleh nilai rata-rata hasil pre-test sebesar 59,80 dan post-test sebesar 66,60 mengalami peningkatan sebesar 11,4%. Kemudian pada kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan dengan memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 63,05 dan post-test sebesar 78,20 mengalami peningkatan sebesar 24,03%. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada saat uji post-test dengan thitung (4,95) lebih besar dari ttabel (2,02). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil belajar mahasiswa dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah disertai alat peraga lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa dengan pembelajaran dengan metode ceramah saja pada perkuliahan praktik kelistrikan engine.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peningkatan kompetensi, alat peraga, sistem pengisian
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 May 2012 01:56
Last Modified: 22 May 2012 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12314

Actions (login required)

View Item View Item