Survei Kebutuhan Berprestasi pada Peserta SSB Arindo Citra Mandiri Kecamatan Demak Kabupaten Demak 2011


Chairul Amri. , 6101407200 (2012) Survei Kebutuhan Berprestasi pada Peserta SSB Arindo Citra Mandiri Kecamatan Demak Kabupaten Demak 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Survei Kebutuhan Berprestasi pada Peserta SSB Arindo Citra Mandiri Kecamatan Demak Kabupaten Demak 2011] Microsoft Word (Survei Kebutuhan Berprestasi pada Peserta SSB Arindo Citra Mandiri Kecamatan Demak Kabupaten Demak 2011) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : Seberapa besar kebutuhan berprestasi peserta SSB ACM tehadap bermain sepakbola . Tujuan penelitian ini adalah : Mengetahui seberapa besar kebutuhan berprestasi peserta SSB ACM tehadap bermain sepakbola.Manfaat hasil penelitian ini untuk memberi informasi tentang kebutuhan berprestasi,bagi pelatih, olahragawan, lembaga SSB, pembina olahraga dalam upaya peningkatan, kualitas pelatihan pada khususnya dan peningkatan kualitas SSB pada umumnya. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian analisis deskriptif eksploratif persentase.Lokasi pengambilan data di Stadion Pancasila Demak. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei, dan angket atau kuesioner. Sumber data penelitian adalah 75 peserta SSB ACM Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan 3 (tiga) langkah yaitu: persiapan, tabulasi, penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian. Hasil penelitian tentang kebutuhan berprestasi pada peserta SSB ACM Kecamatan Demak Kabupaten Demak 2011 adalah : Dari 75 responden diperoleh keterangan tentang kebutuhan berprestasisebagai berikut : 53responden (71%) memiliki kebutuhan berprestasidengan kriteria Sangat Tinggi, 21responden (28%) memiliki kebutuhan berprestasi dengan kriteria Tinggi, 1responden (1%) memiliki kebutuhan berprestasi dengan kriteria rendah, 0 responden (0%) memiliki kebutuhan berprestasi dengan kriteria sangat rendah. Secara klasikal persentasi kebutuhan berprestasi sebesar 84,52% dan termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Simpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah : Sebagian besar peserta SSB ACM mempunyai tingkat kebutuhan berprestasi yang sangat tinggi terhadap bermain sepakbola. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa peserta SSB ACM Kecamatan Demak Kabupaten Demak mempunyai motivasi yang sangat tinggi terhadap bermain sepakbola. Kebutuhan berprestasi pada peserta SSB bisa meningkatkan prestasi pada SSB ACM hal ini bisa dilihat dari hasil analisis deskriptif masing-masing indikator yang masuk kategori sangat tinggi dan tinggi. Dari ke enam indikator tersebut yang berpengaruh paling besar terhadap prestasi pemain yaitu motivasi berprestasi. Hasil ini sesuai dengan pendapat Dalyono, (1997:57) yang mengatakan bahwa kuat lemahnya motivasi seseorang turut mempengaruhi keberhasilan. Oleh karena itu, dalam kegiatan pencapaian prestasi, motivasi peserta SSB sangat penting untuk ditumbuhkan.Saran yang dapat diberikan adalah : Sebaiknya pihak pelatih selalu memberikan penghargaan kepada pemain seperti memberi pujian atau memberi hadiah agar pemain termotivasi untuk mendapatkan prestasi lebih baik lagi sebaiknya para pemain selalu berusaha untuk mengevaluasi dirinya sendiri agar pemain tahu bagaimana menumbuhkan motivasi prestasi yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Berprestasi pada peserta SSB
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 May 2012 01:37
Last Modified: 22 May 2012 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12308

Actions (login required)

View Item View Item