Pembinaan Prestasi Olahraga Tenis Meja di PTMSI Kabupaten Brebes


Ade Dwi Setiawan, 6101407040 (2012) Pembinaan Prestasi Olahraga Tenis Meja di PTMSI Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembinaan Prestasi Olahraga Tenis Meja di PTMSI Kabupaten Brebes] Microsoft Word (Pembinaan Prestasi Olahraga Tenis Meja di PTMSI Kabupaten Brebes) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Pembinaan olahraga merupakan faktor yang sangat penting dalam memajukan prestasi olahraga. Kemajuan dunia olahraga tergantung pada pembinaan olahraga itu sendiri. Tenis meja adalah suatu cabang olahraga permainan yang menggunakan bola kecil yang tidak mengenal batas umur, anak-anak maupun orang dewasa dapat bermain bersama, dan olahraga tenis meja dapat dianggap sebagai acara rekreasi, dan ditanggulangi secara sungguh-sungguh. Alas an memilih PTMSI Kabupaten Brebes adalah karena telah mencetak atau membibit atlet tenis meja di Kabupaten Brebes. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah mengenai bagaimana pembinaan prestasi atlet tenis meja yang dilakukan PTMSI Kabupaten Brebes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: organisasi, program latihan, rekuitmen pelatih dan atlet, pelaksanaan program pambinaan, sarana dan prasarana serta prestasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, permasalahan dalam penelitian bertujuan untuk menggambarkan atau menguraikan tentang keadaan atau fenomena yang terjadi. Data penelitian ini dihimpun langsung melalui: (1) pengamatan atau observasi, (2) wawancara, dan(3) pengumpulan dokumen. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan secara bersamaan yaitu: reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: PTMSI Kabupaten Brebes sebagai organisasi yang mengadakan pembinaan dan pelatihan tenis meja. Organisasi PTMSI sudah cukup baik dengan program pembinaan yang dilakukan. Anggaran dana sudah dianggarkan dari KONI daerah. Proses rekuitmen pelatih dilakukan dengan pertimbangan dan kriteria yang telah ditentukan organisasi. Dan rekuitmen atlet dilakukan melalui survei dari PTM-PTM yang berdiri di Kabupaten Brebes dan berdasarkan data prestasi atlet dengan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan. Sarana dan prasarana merupakan penunjang pembinaan prestasi olahraga. Sarana dan prasarana yang dimiliki PTMSI sudah lengkap. Dan ditunjang sarana tambahan yaitu robo pong yang dapat digunakan untuk program latihan. Tetapi program latihan yang masih kurang terprogram dengan baik. Prestasi yang telah diraih PTMSI Kabupaten Brebes sudah cukup baik dilihat dari hasil pertandingan ditingkat Karesidenan maupun tingkat daerah. Kesimpulan : dalam pembinaan secara umum sudah cukup baik dari organisasi, perekrutan pelatih dan atlet, sarana dan prasarana, dan prestasi. Saran : Pencapaian prestasi kabupaten Brebes masih bisa ditingkatkan melalui pembinaan yang dilakukan oleh PTMSI Kabupaten Brebes sendiri, karena perkembangan olahraga tenis meja sangat cepat dan semakin kompetitif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 May 2012 00:57
Last Modified: 22 May 2012 00:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12301

Actions (login required)

View Item View Item