Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Bola Basket Melalui Permainan Bola Basket Ring Bergerak Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pakintelan 02 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2011-2012


Septriana Susyanti, 6101407036 (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Bola Basket Melalui Permainan Bola Basket Ring Bergerak Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pakintelan 02 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2011-2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Bola Basket Melalui Permainan Bola Basket Ring Bergerak Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pakintelan 02 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2011-2012] Microsoft Word (Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Bola Basket Melalui Permainan Bola Basket Ring Bergerak Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pakintelan 02 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2011-2012) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran permainan bola basket yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan jasmani di SD N Pakintelan 02?Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran permainan bola basket yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD N Pakintelan 02 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan, pengumpulan informasi dan analisis kebutuhan, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model pembelajaran permainan bola basket ring bergerak), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjasorkes dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (melibatkan 12 siswa) sebagai bahan perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (melibatkan 17 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model permainan bola basket ring bergerak yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil (melibatkan 12 siswa kelas V SD Negeri Pakintelan 02) dan uji lapangan (melibatkan 17 siswa SD Negeri Pakintelan 02). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli penjas 85,33%(baik),evaluasi ahli pembelajaran 76%(baik), presentase hasil uji coba kelompok kecil 88,89% (baik) dan presentase uji lapangan 93,37% (sangat baik). Berdasarkan data tersebut maka pengembangan model pembelajaran bola basket dapat digunakan untuk Siswa SD Negeri Pakintelan 02. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran permainan bola basket melalui permainan bola basket ring bergerak ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 22 May 2012 00:55
Last Modified: 22 May 2012 00:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12300

Actions (login required)

View Item View Item