Efektifitas Pembelajaran dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe CIRC dan Metode Problem Solving dengan Berbantuan Alat Peraga Terhadap Peningaktan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Lingakaran Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 4 Keling Kabupaten Jepara
Menik Puji Lestari , 4101404035 (2009) Efektifitas Pembelajaran dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe CIRC dan Metode Problem Solving dengan Berbantuan Alat Peraga Terhadap Peningaktan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Lingakaran Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 4 Keling Kabupaten Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Efektifitas Pembelajaran dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe CIRC dan Metode Problem Solving dengan Berbantuan Alat Peraga Terhadap Peningaktan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Lingakaran Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri )
- Published Version
Download (712kB) | Preview |
Abstract
Terbatasnya ketersediaan waktu belajar di kelas menyebabkan banyak guru yang menggunakan metode ceramah tanpa disertai pendekatan yang lebih menarik. Hal ini menyebabkan pembelajaran berlangsung satu arah, keaktifan dan kreativitas siswa menjadi kurang berkembang. Matematika yang merupakan mata pelajaran yang dianggap susah dan menakutkan oleh sebagian besar siswa menghasilkan kenyataan rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada aspek kemampuan pemecahan masalah. Oleh karena itu, tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengukur apakah pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe CIRC dan metode Problem Solving dengan berbantuan alat peraga dapat mencapai ketuntasan belajar pada aspek kemampuan pemecahan masalah pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII, dan untuk mengukur apakah pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe CIRC dan metode Problem Solving dengan berbantuan alat peraga lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional pada aspek kemampuan pemecahan masalah pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 4 Keling tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 128 siswa. Dengan teknik random sampling diperoleh sampel kelas VIII B yang berjumlah 43 siswa (kelas eksperimen) diberi pembelajaran menggunakan model cooperative learning tipe CIRC dan metode Problem Solving dengan berbantuan alat peraga dan kelas VIII A yang berjumlah 45 siswa (kelas kontrol) diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran kontekstual. Pengujian yang dilakukan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan dua rata-rata. Hipotesis yang diajukan diuji menggunakan uji t satu pihak, pihak kiri. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih dari sama dengan kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan, yaitu 60. Dan dari hasil uji hipotesis juga diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan model cooperative learning tipe CIRC dan metode Problem Solving dengan berbantuan alat peraga lebih efektif dari pada model pembelajaran kontekstual. Dari uji estimasi rata-rata hasil belajar diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (model cooperative learning tipe CIRC dan metode Problem Solving dengan berbantuan alat peraga) sebesar 64,81 – 70,63 dan kelas kontrol (model pembelajaran kontekstual) sebesar 57,18 – 63,26. Dari hasil-hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai ratarata kelas eksperimen lebih dari sama dengan kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan, yaitu 60, dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen (model cooperative learning tipe CIRC dan metode Problem Solving dengan berbantuan alat peraga) lebih baik dari pada kelas kontrol (model pembelajaran kontekstual).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Model Cooperative Learning Tipe CIRC, Metode Problem Solving, Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Apr 2011 02:55 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1230 |
Actions (login required)
View Item |