MARCHING BAND SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KECERDASAN DAN KETERAMPILAN ANAK SEJAK DINI DI TK AMARTA SEMARANG


Arfian Adhi Saptono , 2503406024 (2012) MARCHING BAND SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KECERDASAN DAN KETERAMPILAN ANAK SEJAK DINI DI TK AMARTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MARCHING BAND SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KECERDASAN DAN KETERAMPILAN ANAK SEJAK DINI DI TK AMARTA SEMARANG]
Preview
PDF (MARCHING BAND SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KECERDASAN DAN KETERAMPILAN ANAK SEJAK DINI DI TK AMARTA SEMARANG) - Published Version
Download (690kB) | Preview

Abstract

Dipandang dari sudut musik, hal-hal yang ritmis dalam wujud permainan alat musik perkusi adalah landasan pendidikan tahap awal bagi segala keterampilan permainan alat musik. Permainan alat musik perkusi juga dapat mempengaruhi kecerdasan anak sejak usia dini, karena dalam permainan alat musik perkusi memerlukan penjiwaan dan perasaan dalam memainkanya. Dari penjiwaan dan perasaan itulah kecerdasan dalam diri anak mulai terasah dan timbul. Wajar bila Ekstrakurikuler Marching Band merupakan sarana untuk menyalurkan bakat dan minat bagi para siswa Taman Kanak-kanak agar lebih cerdas dan kreatif. Permasalahan yang hendak dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan kecerdasan dan keterampilan seorang anak yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler marching band di TK Amarta Semarang. Penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu lebih banyak mementingkan segi proses dari pada hasil. Dan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan setelah data terkumpul kemudian direduksi, disklasifikasi, diinterpretasikan, dan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata saja. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan Ekstrakurikuler Marching Band di TK Amarta Semarang menggunakan tekhnik penghafalan hitungan angka dan penghafalan penempatan huruf dalam pelatihannya. Tekhnik penghafalan hitungan angka dan penempatan huruf itulah merupakan faktor yang mempengaruhi kecerdasan dan keterampilan anak untuk lebih cerdas, terampil dan kreatif. Berdasarkan kesimpulan di atas serta mempertimbangkan kenyataan yang ada dalam penelitian, saran untuk pihak pelatih Marching Band TK Amarta Semarang dalam memberikan pelatihan Marching Band kepada para Siswa TK Amarta sebaiknya sekalian saja mengajarkan kepada siswa untuk bisa membaca notasi angka dan waktu yang digunakan untuk krgiatan Ekstrakurikuler Marching Band sebaiknya ditambah. Bagi pihak Sekolah TK Amarta Semarang, kegiatan ekstrakurikuler Marching Band TK Amarta Semarang masih memerlukan kelengkapan alat-alat Marching Band sesuai Standart yang ada yaitu memiliki dua set alat Marching Band lengkap sehingga dapat meningkatkan kualitas Marching Band TK Amarta Semarang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: MARCHING BAND SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KECERDASAN DAN KETERAMPILAN
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2012 07:49
Last Modified: 21 May 2012 07:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12288

Actions (login required)

View Item View Item