Pembelajaran Drum di Global Swara Musik Semarang (Kajian Perilaku Sosial Guru dan Apresiasi Siswa).


Yan Ardy Nehemia , 2503405008 (2012) Pembelajaran Drum di Global Swara Musik Semarang (Kajian Perilaku Sosial Guru dan Apresiasi Siswa). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Drum di Global Swara Musik Semarang (Kajian Perilaku Sosial Guru dan Apresiasi Siswa).]
Preview
PDF (Pembelajaran Drum di Global Swara Musik Semarang (Kajian Perilaku Sosial Guru dan Apresiasi Siswa).) - Published Version
Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi Global Swara Musik yang merupakan salah satu tempat untuk menuntut ilmu selain sekolah formal yang ikut membantu orang tua dalam mendidik anak untuk mengenal karakter masing-masing anak. Keberhasilan belajar dalam lembaga kursus atau sekolah musik dipengaruhi oleh faktor strategi pembelajaran yang baik dan guru yang profesional, selain itu faktor perilaku sosial guru dan apresiasi siswa terhadap suatu pembelajaran pun ikut berperan dalam mencapai hasil belajar yang baik karena dengan baiknya perilaku sosial antar guru maka akan tercipta lingkungan belajar yang kondusif, sedangkan apresiasi siswa terhadap pembelajaran dapat menjadi stimulus agar minat belajar siswa semakin besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku sosial guru dan apresiasi siswa dalam pembelajaran drum di Global Swara Musik Semarang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif tentang perilaku sosial guru dan apresiasi siswa dalam pembelajaran drum di Global swara Musik Semarang. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan pemilik, guru, serta siswa di Global Swara Musik Semarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan diolah dan diperiksa dengan teknik pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku sosial yang baik diterapkan oleh guru di Global Swara musik, sehingga selain berpengaruh terhadap kondusifitas lingkungan Global Swara Musik juga memberikan pengaruh positif terhadap siswa. Di sekolah musik tersebut, siswa sering meraih prestasi karena adanya kerjasama antara guru, siswa serta seluruh komponen Global Swara Musik untuk belajar bersama dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Sedangkan apresiasi meningkatkan semangat belajar siswa supaya lebih baik dan lebih baik lagi. Selain faktor yang mendukung ada juga beberapa faktor yang menghambat pembelajaran drum di Global Swara musik Semarang yaitu siswa mengikuti pembelajaran drum hanya untuk mengisi waktu saja sehingga kurangnya kesungguhan belajar siswa. Saran yang dikemukakan adalah perlu adanya komunikasi yang lebih berkualitas lagi antar guru supaya terjalin kerjasama yang lebih baik untuk mewujudkan keberhasilan dalam pembelajaran selain itu perlu adanya penambahan konser musik dan penambahan audio visual pembelajaran drum supaya siswa dapat berapresiasi dan mempunyai semangat belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Drum Perilaku Sosial Guru dan Apresiasi
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2012 07:39
Last Modified: 21 May 2012 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12285

Actions (login required)

View Item View Item