Pengembangan Tari Kuntulan Sebagai Materi Ajar di Kelompok Bermain Kartini Desa Karangmalang Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.


Eki Sudiarti , 2502407018 (2012) Pengembangan Tari Kuntulan Sebagai Materi Ajar di Kelompok Bermain Kartini Desa Karangmalang Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Tari Kuntulan Sebagai Materi Ajar di Kelompok Bermain Kartini Desa Karangmalang Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.]
Preview
PDF (Pengembangan Tari Kuntulan Sebagai Materi Ajar di Kelompok Bermain Kartini Desa Karangmalang Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal.) - Published Version
Download (43kB) | Preview

Abstract

Materi tari untuk anak TK/PAUD saat ini masih sangat kurang, terutama materi tari tradisional. Dalam penelitian ini peneliti berupaya mengembangkan materi tari untuk anak PAUD, lebih khusus materi tari tradisi yaitu Tari Kuntulan Kabupaten Tegal. Peneliti melakukan penelitian di Kelompok Bermain Kartini Desa Karangmalang kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk pengembangan Tari Kuntulan untuk anak PAUD 2) Bagaimana proses pembelajaran Tari Kuntulan di Kelompok Bermain Kartini Desa Karangmalang Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian untuk 1) Mengetahui dan mendeskripsikan bentuk Tari Kuntulan untuk anak PAUD 2) Mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran Tari Kuntulan di Kelompok Bermain Kartini Desa Karangmalang Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan lokasi penelitian di Kelompok Bermain Kartini Desa Karangmalang Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, menyajikan data kemudian memverifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi Tari Kuntulan yang terdiri dari 6 ragam gerak yaitu Mabur Megol, Sembahan, Silat Pembuka, Silat Inti, Silat Penutup dan Kuntul Balik. Keenam ragam gerak tersebut di berikan kepada siswa pada proses pembelajaran yang dilakukan selama 7 kali pertemuan dengan durasi waktu 30 menit setiap kali pertemuan. Proses pembelajaran diawali dengan salam pembuka, dilanjutkan dengan apersepsi tentang Tari Kuntulan sebelum pemberian materi. Mengulang kembali materi Tari Kuntulan setelah istirahat kemudian ditutup dengan salam. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis memberi saran-saran pada Kelompok Bermain Kartini Desa Karangmalang Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal agar dalam proses pembelajaran tari diharapkan lebih mengutamakan materi tari tradisi lebih khusus Tari Kuntulan. Bagi guru-guru PAUD khususnya Kabupaten Tegal, diharapkan Tari Kuntulan ini dapat digunakan sebagai materi tari untuk anak PAUD yang berbasis tradisi. Untuk instansi-instansi yang menangani PAUD, perlunya mengadakan pengkajian tari tradisi sebagai bahan materi tari untuk anak PAUD. Bagi pemerintah setempat hendaknya lebih memperhatikan lagi kondisi sekolah khususnya sarana dan prasarananya yang kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: seni tari
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2012 07:29
Last Modified: 21 May 2012 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12282

Actions (login required)

View Item View Item