Survey Tingkat Kemampuan Teknik Dasar Bola Voli Pada Peserta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Voli UNNES Tahun 2011


Widhi Nugraha, 6101405040 (2011) Survey Tingkat Kemampuan Teknik Dasar Bola Voli Pada Peserta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Voli UNNES Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Survey Tingkat Kemampuan Teknik Dasar Bola Voli Pada Peserta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Voli UNNES Tahun 2011] Microsoft Word (Survey Tingkat Kemampuan Teknik Dasar Bola Voli Pada Peserta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Voli UNNES Tahun 2011) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Teknik adalah cara melakukan atau melaksanakan sesuatu yang mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif, sehingga permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kemampuan melakukan teknik dasar permainan bola voli pada peserta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bola voli UNNES tahun 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan teknik dasar permainan bola voli pada peserta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bola voli UNNES tahun 2011. Subyek penelitian yang diamati adalah peserta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bola voli UNNES pada tahun 2011 yang berjumlah 49 orang, yang terdiri dari 27 peserta putra dan 22 peserta putri. Dalam pengambilan data menggunakan teknik survei tes. Prosedur yang dilakukan adalah mempersiapkan instrumen penelitian serta pengambilan data dengan teknik survei dan analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif prosentase. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil kemampuan teknik dasar bola voli peserta putra UKM bola voli UNNES sebagai berikut: tes smash prosentase terbesar masuk dalam kategori baik (56%), tes servis prosentase terbesar masuk dalam kategori sedang (78%), tes passing atas prosentase terbesar masuk dalam kategori istimewa (100%), tes passing bawah prosentase terbesar masuk dalam kategori baik sekali (52%). Sedangkan kemampuan teknik dasar bolavoli peserta putri UKM bola voli UNNES sebagai berikut: tes smash prosentase terbesar masuk dalam kategori kurang (68%), tes servis prosentase terbesar masuk dalam kategori sedang (55%), tes passing atas prosentase terbesar masuk dalam kategori istimewa (100%), tes passing bawah prosentase terbesar masuk dalam kategori baik sekali (77%). Saran yang dapat diberikan yaitu perlu adanya peningkatan latihan yang mengarah pada teknik dasar bola voli khususnya untuk teknik dasar smash dan servis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 06:33
Last Modified: 21 May 2012 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12278

Actions (login required)

View Item View Item