Minat Siswa Kelas XI Animasi SMK Negeri 11 Semarang terhadap Pelatihan Massage


Adhitri Prasetyo, 6301407116 (2012) Minat Siswa Kelas XI Animasi SMK Negeri 11 Semarang terhadap Pelatihan Massage. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Minat Siswa Kelas XI Animasi SMK Negeri 11 Semarang terhadap Pelatihan Massage] Microsoft Word (Minat Siswa Kelas XI Animasi SMK Negeri 11 Semarang terhadap Pelatihan Massage) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Perkembangan massage saat ini sangatlah pesat. Kompleksitas persoalan kota besar dengan beragam tantangannya sering kali membuat stress. Salah satu upaya untuk menghilangkan stres dan ketegangan fikiran serta kelelahan fisik adalah dengan melakukan pijat kesehatan. Sehingga untuk membuka usaha di bidang massage, sangatlah profitable. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat siswa kelas XI Animasi SMK Negeri 11 Semarang terhadap pelatihan massage. Adapun tujuannya yaitu menganalisis besarnya minat siswa kelas XI Animasi SMK Negeri 11 Semarang terhadap pelatihan massage. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian deskiptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan penentuan populasi, pemberian perlakuan dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 11 Semarang. Sampel hanya siswa kelas XI Animasi 1 dan XI Animasi 2 SMK Negeri 11 Semarang yang dipilih sebagai subyek penelitian. Variabel yang diteliti meliputi minat siswa sebagai variabel bebas dan pelatihan massage sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian menggunakan angket, yaitu angket minat siswa terhadap pelatihan massage. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil dari analisis deskriptif presentase, dapat diketahui bahwa secara umum sebagian besar siswa memiliki minat yang cukup tinggi terhadap pelatihan massage. Hal ini terbukti sebanyak 52% minat siswa terhadap pelatihan massage tergolong cukup tinggi, 29% siswa minat terhadap pelatihan massage tergolong tinggi, 13% minat siswa terhadap pelatihan massage tergolong rendah, 6% minat siswa terhadap pelatihan massage tergolong sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil simpulan bahwa minat siswa terhadap pelatihan massage tergolong cukup tinggi. Untuk lebih memotivasi siswa agar lebih berminat mengikuti pelatihan massage, perlu dilakukan pelatihan langsung di kelas dengan mengundang pakar atau ahli massage yang sudah mempunyai usaha massage yang telah sukses.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 06:03
Last Modified: 21 May 2012 06:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12268

Actions (login required)

View Item View Item