Perbedaan Efektifitas Latihan Underhand Lay Up Dari Kanan Menggunakan Lay Up Bank Shot Dan Tanpa Bank Shot Terhadap Hasil Lay Up Shot Dalam Permainan Bola Basket Pada Ekstrakurikuler Bola Basket Putra SMP Negeri 2 Banjarnegara Tahun 2011/2012


Agung Setiaji, 6301407045 (2012) Perbedaan Efektifitas Latihan Underhand Lay Up Dari Kanan Menggunakan Lay Up Bank Shot Dan Tanpa Bank Shot Terhadap Hasil Lay Up Shot Dalam Permainan Bola Basket Pada Ekstrakurikuler Bola Basket Putra SMP Negeri 2 Banjarnegara Tahun 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Efektifitas Latihan Underhand Lay Up Dari Kanan Menggunakan Lay Up Bank Shot Dan Tanpa Bank Shot Terhadap Hasil Lay Up Shot Dalam Permainan Bola Basket Pada Ekstrakurikuler Bola Basket Putra SMP Negeri 2 Banjarnegara Tahun 2011/2012] Microsoft Word (Perbedaan Efektifitas Latihan Underhand Lay Up Dari Kanan Menggunakan Lay Up Bank Shot Dan Tanpa Bank Shot Terhadap Hasil Lay Up Shot Dalam Permainan Bola Basket Pada Ekstrakurikuler Bola Basket Putra SMP Negeri 2 Banjarnegara Tahun 2011/2012) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Hasil pengamatan yang peneliti lakukan diperoleh informasi pembinaan olahraga di SMP Negeri 2 Banjarnegara meningkat. Namun siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 2 Banjarnegara melakukan teknik lay up shot dengan teknik yang belum benar. Permasalahan yang penulis teliti adalah: 1) Apakah ada perbedaan efektifitas latihan underhand lay up dari kanan antara lay up bank shot dengan tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot? 2) Manakah pengaruh latihan underhand lay up dari kanan yang lebih efektif antara lay up bank shot dengan tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Hasil penelitian diolah menggunakan rumus t-test diperoleh hasil nilai latihan underhand lay up shot dari kanan dengan menggunakan lay up bank shot terhadap hasil lay up shot, hasil thitung 4,98 dan ttabel 2,262. Karena thitung 4,98 > ttabel 2,262, berarti ada pengaruh hasil latihan underhand lay up shot dari kanan menggunakan lay up bank shot terhadap hasil lay up shot. Hasil nilai latihan underhand lay up shot dari kanan menggunakan lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot, hasil thitung 3,28 dan ttabel 2,262. Karena thitung 3,28 > ttabel 2,262, berarti ada pengaruh hasil latihan underhand lay up shot dari kanan menggunakan lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot. Hasil nilai latihan underhand lay up shot dari kanan menggunakan lay up bank shot dan tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot , hasil thitung 2,812 dan ttabel 2,262. Karena thitung 2,812 > ttabel 2,262, berarti ada pengaruh hasil latihan underhand lay up shot dari kanan dengan menggunakan lay up bank shot dan tanpa bank shot terhadap hasil latihan lay up shot. Mean dari kelompok eksperimen adalah 6,5 sedangkan mean dari kelompok kontrol adalah 5,1. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan, 1) Ada perbedaan efektifitas latihan underhand lay up dari kanan antara lay up bank shot dengan tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot. 2) Lay up bank shot lebih efektif dari pada lay up tanpa bank shot terhadap hasil lay up shot. Hasil penelitian ini diharapkan kepada pelatih maupun guru ekstrakulikuler bolabasket memberikan materi bolabasket tentang lay up dari kanan disarankan menggunakan latihan underhand lay up dengan teknik lay up bank shot.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, Underhand Lay Up, Bank Shot, Tanpa Bank shot
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 May 2012 05:57
Last Modified: 21 May 2012 05:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12266

Actions (login required)

View Item View Item