Penyederhanaan Tari Dolalak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo


Arintyo Rama Dwi Lestari , 2502407011 (2012) Penyederhanaan Tari Dolalak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penyederhanaan Tari Dolalak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo]
Preview
PDF (Penyederhanaan Tari Dolalak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo) - Published Version
Download (213kB) | Preview

Abstract

Penyederhanaan Tari Dolalak sebagai materi ajar di Taman Kanak-kanak adalah usaha untuk membuat sebuah materi Tari Dolalak yang bisa digunakan untuk anak Taman Kanak-kanak dengan cara melihat dulu Tari Dolalak yang sudah ada, kemudian menyederhanakan Tari Dolalak dengan menyederhanakan gerak, musik, durasi dan kemudian mengajarkan materi Tari Dolalak Anak kepada siswa di TK Negeri Pembina Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk materi Tari Dolalak yang dapat digunakan sebagai materi ajar di Taman Kanak-kanak. 2) Bagaimana penyederhanaan Tari Dolalak sehingga dapat digunakan sebagai bahan materi ajar di Taman Kanak-kanak. 3) Bagaimanakah proses pembelajaran Tari Dolalak Anak sebagai materi ajar di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Purworejo Kabupaten Purworejo. Tujuan penelitian untuk 1) Untuk mengetahui bentuk materi Tari Dolalak yang dapat digunakan sebagai pembelajaran tari di Taman Kanak-kanak. 2) Untuk mengetahui penyederhanaan Tari Dolalak yang dapat digunakan sebagai materi ajar di Taman Kanak-kanak. 3) Untuk mengetahui proses pembelajaran Tari Dolalak Anak sebagai materi ajar di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Purworejo Kabupaten Purworejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kemudian penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Transferabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi Tari Dolalak yang di berikan oleh peneliti mampu diterima oleh siswa di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Purworejo Kabupaten Purworejo. Dalam proses pembelajaran, peneliti memberikan materi Tari Dolalak yang terbagi menjadi 3 ragam yaitu pembuka, inti dan penutup. Peneliti memberikan Tari Dolalak yang ragam geraknya mudah untuk ditirukan dan dihafalkan oleh anak Taman Kanak-kanak sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan bisa menyelesaikan Tari Dolalak dengan tuntas. Hasil rata-rata keseluruhan sudah mencapai batas ketuntasan minimal 70,25 yang dibuat oleh peneliti. Saran yang diberikan peneliti antara lain: (1) Bagi Guru TK Negeri Pembina Purworejo supaya materi Tari Dolalak Anak bisa dijadikan materi utama dalam pembelajaran tari, (2) Bagi sekolah TK Negeri Pembina Purworejo agar dapat meningkatkan pembelajaran tari dengan menyediakan fasilitas seperti sampur dan kaset tari lain dan juga dengan mengadakan workshop untuk guru TK tentang Tari Dolalak Anak, (3) Bagi orang tua siswa agar memberi motivasi dan membantu siswa dalam mengenal kesenian daerahnya sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Seni tari
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2012 04:00
Last Modified: 21 May 2012 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12260

Actions (login required)

View Item View Item