Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa antara yang Pernah Belajar dengan yang Belum Pernah Belajar Bahasa Jepang Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2007.


Sri Gunanik, 2302407040 (2012) Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa antara yang Pernah Belajar dengan yang Belum Pernah Belajar Bahasa Jepang Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa antara yang Pernah Belajar dengan yang Belum Pernah Belajar Bahasa Jepang Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2007.]
Preview
PDF (Perbandingan Hasil Belajar Mahasiswa antara yang Pernah Belajar dengan yang Belum Pernah Belajar Bahasa Jepang Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2007.) - Published Version
Download (67kB) | Preview

Abstract

Penerimaan mahasiswa baru prodi pedidikan bahasa Jepang di Universitas Negeri Semarang, tidak hanya terbatas pada calon mahasiswa yang pernah belajar bahasa Jepang tetapi juga menerima pendaftaran dari calon mahasiswa yang belum pernah belajar bahasa Jepang di SMU/sederajat. Akan tetapi, selama ini tidak diketahui kompetensi bahasa Jepang antara mahasiswa yang pernah dengan yang belum pernah belajar bahasa Jepang di SMU/sederajat, meskipun dalam pengamatan ada kecenderungan mahasiswa yang pernah belajar bahasa Jepang di SMU/sederajat lebih percaya diri dalam mempelajari bahasa Jepang di Universitas dibandingkan mahasiswa yang belum pernah belajar bahasa Jepang. Permasalahan dalam penelitian : 1) Bagaimanakah perbandingan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bahasa Jepang antara mahasiswa yang sudah pernah belajar dengan mahasiswa yang belum pernah belajar bahasa Jepang? 2) Bagaimanakah kemampuan bunpou mahasiswa yang pernah dan mahasiswa yang belum pernah belajar bahasa Jepang? 3) Bagaimanakah persentase jumlah kelulusan Nihongo Nouryoku Shiken level 3 antara mahasiswa yang pernah dan yang belum pernah belajar bahasa Jepang? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui perbandingan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bahasa Jepang antara mahasiswa yang sudah pernah belajar dengan mahasiswa yang belum pernah belajar bahasa Jepang. 2) Mengetahui kemampuan bunpou mahasiswa yang sudah pernah dan mahasiswa yang belum pernah belajar bahasa Jepang. 3) Mengetahui persentase jumlah kelulusan Nihongo Nouryoku Shiken level 3 antara mahasiswa yang pernah dan yang belum perna belajar bahasa Jepang. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2007, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Universitas Negeri Semarang. Populasi dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok mahasiswa yang pernah belajar bahasa Jepang dan kelompok mahasiswa yang belum pernah belajar bahasa Jepang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, dokumentasi dan tes. Variabel yang dibandingkan adalah hasil belajar mahasiswa yang pernah dan yang belum pernah belajar bahasa Jepang sebelum memasuki Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian dengan membandingkan hasil belajar yang diambil dari tiga unsur nilai yaitu 1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bahasa Jepang yang sudah dipilah dari Mata Kuliah Umum (MKU) dan Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK). Nilai yang dianalisis hanya nilai akumulatif mata kuliah bahasa Jepang. 2. jumlah kelulusan level 3 mahasiswa yang mengikuti Nihongo Nouryoku Shiken. 3. Nilai tes instrumen yang dibuat untuk mengetahui kemampuan bunpou mahasiswa saat ini. Analisis data yang digunakan adalah statistik komparasional dengan rumus t test. Hasil penelitian, diperoleh data rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bahasa Jepang mahasiswa yang belum pernah belajar bahasa Jepang (2,98) lebih tinggi daripada mahasiswa yang pernah belajar bahasa Jepang (2,84). Nilai ratarata tes bunpou mahasiswa yang belum pernah belajar (58,57) bahasa Jepang juga lebih tinggi daripada mahasiswa yang pernah belajar bahasa Jepang di SMU/sederajat (54). Untuk kelulusan Nihongo Nouryoku Shiken level 3 mahasiswa yang belum pernah belajar bahasa Jepang memiliki persentase jumlah lulusan lebih banyak (85,71%) daripada mahasiswa yang pernah belajar bahasa Jepang di SMU/ sederajat (65,21%).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Hasil Belajar, Mahasiswa yang Pernah Belajar, Mahasiswa yang Belum Pernah Belajar.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2012 01:39
Last Modified: 21 May 2012 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12227

Actions (login required)

View Item View Item