Efektivitas Metode Two Stray Two Stay dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Tahun Ajaran 2011/2012.


Harani Astriandari , 2302407031 (2012) Efektivitas Metode Two Stray Two Stay dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Metode Two Stray Two Stay dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Tahun Ajaran 2011/2012.]
Preview
PDF (Efektivitas Metode Two Stray Two Stay dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Tahun Ajaran 2011/2012.) - Published Version
Download (360kB) | Preview

Abstract

Kosakata (goi) mempunyai peranan yang sangat penting bagi pembelajar bahasa Jepang. Oleh karena itu, sebagai pembelajar bahasa Jepang harus memahami dan mengerti makna kosakata agar pembelajar tersebut mampu menggunakan kosakata untuk mengungkapkan gagasan baik secara lisan maupun tertulis. Dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Jepang kreatifitas pengajaran dapat membantu siswa utuk menguasai pelajaran khususnya penguasaan kosakata. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pengajaran kosakata adalah metode Two Stay Two Stray. Metode ini diharapkan mampu membuat siswa merasa tertarik dan tidak merasa jenuh dalam mempelajari kosakata bahasa Jepang. Maka dari itu, untuk membuktikan sejauh mana Metode Two Stay Two Stray dapat membantu siswa untuk menguasai kosakata, penulis perlu mengadakan penelitian. Peneltitian tersebut bertemakan “Efektifitas Metode Two Stay Two Stray dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang siswa kelas XI Bahasa SMA N 1 Purwareja Klampok Tahun Ajaran 2011/2012”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel total karena semua siswa kelas XI bahasa dijadikan sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan berbagai macam data penelitian. Metode tes dalam penelitian ini digunakan untuk langkah pengambilan data mendapatkan nilai setelah dilakukan penelitian menggunakan Metode Two Stay Two Stray . Berdasarkan hasil posttest diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu 89.80 dan kelas kontrol 78.4. Dilihat dari hasil tersebut, kelas eksperimen mempunyai nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus t-tes diperoleh angka 5.035 dan nilai dari t tabel 2.46. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hasil perhitungan lebih besar dari nilai t tabel. Karena t hitung lebih besar daripada r tabel, maka hipotesis kerja (Hk) diterima. Hal ini membuktikan bahwa metode two stay two stray efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kosakata, Metode Two Stay Two Stray
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2012 01:35
Last Modified: 21 May 2012 01:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12226

Actions (login required)

View Item View Item