Analisis Kesalahan Morfosintakis Production Ecrite DELF A1 (Studi Kasus Mahasiswa yang Mempelajari Struktur secara Implisit dan Eksplisit.


Nurus Sa’adah , 2301407016 (2012) Analisis Kesalahan Morfosintakis Production Ecrite DELF A1 (Studi Kasus Mahasiswa yang Mempelajari Struktur secara Implisit dan Eksplisit. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Morfosintakis Production Ecrite DELF A1 (Studi Kasus Mahasiswa yang Mempelajari Struktur secara Implisit dan Eksplisit.]
Preview
PDF (Analisis Kesalahan Morfosintakis Production Ecrite DELF A1 (Studi Kasus Mahasiswa yang Mempelajari Struktur secara Implisit dan Eksplisit.) - Published Version
Download (410kB) | Preview

Abstract

Struktur bahasa mempunyai peranan penting dalam pembelajaran bahasa asing. Pada tahun 2008 terjadi perbaikan kurikulum. Salah satu perbaikan kurikulum tersebut adalah dilesapkannya mata kuliah Structure pada empat mata kuliah kompetensi dasar berbahasa. Bisa dikatakan bahwa mahasiswa angkatan 2007 ke atas mempelajari struktur secara eksplisit dan mahasiswa angkatan 2008 ke bawah mempelajari struktur secara implisit. Struktur digunakan pada keempat keterampilan berbahasa yaitu compréhension orale, production orale, compréhension écrite dan production écrite. Namun, penerapannya lebih terlihat jelas pada production écrite sehingga penelitian ini menitikberatkan pada production écrite. Production Ecrite di sini dibatasi pada production écrite DELF. DELF (Diplôme d'Etudes en Langue Française) adalah sertifikat kemampuan berbahasa Prancis yang menguji empat aspek keterampilan berbahasa. Production écrite DELF dirasa tepat untuk mengevaluasi kemampuan menulis mahasiswa baik yang mempelajari struktur secara implisit maupun eksplisit. DELF mempunyai kriteria penilaian. Salah satu kriteria penilaian pada Production Ecrite adalah aspek morfosintaksis (Morphosyntaxe). Penggunaan struktur tercermin dalam aspek morfosintaksis. Oleh sebab itu, penelitian ini akan menganalisis kesalahan morfosintaksis pada production écrite DELF A1 tahun 2007 (implisit) dan 2010 (eksplisit). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan morfosintaksis yang dilakukan oleh mahasiswa yang mempelajari struktur secara implisit dan eksplisit dalam production écrite DELF A1. Variabel dalam penelitian ini adalah kesalahan morfosintaksis pada production écrite DELF A1 mahasiswa yang mempelajari struktur secara implisit dan eksplisit. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2006 dan angkatan 2009. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan metode dokumentasi. Data yang didapat dianalisis berdasarkan teori morphosyntaxe flexionelle. Dari hasil analisis diperoleh simpulan kesalahan morfosintaksis yang dilakukan oleh mahasiswa yang mempelajari struktur secara eksplisit dalam production écrite DELF A1 tahun 2007 adalah flexion nominale, flexion adjectivale dan flexion verbale sedangkan kesalahan morfosintaksis yang dilakukan oleh mahasiswa yang mempelajari struktur secara implisit dalam production écrite DELF A1 tahun 2010 adalah changement catégoriel, flexion nominale, flexion adjectivale dan flexion verbale.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Morfosintaksis, Menulis, Eksplisit dan Implisit.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2012 01:17
Last Modified: 21 May 2012 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12219

Actions (login required)

View Item View Item