Kemampuan Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Membuat Pertanyaan Pilihan Ganda Tingkat Ingatan dan Pemahaman pada Keterampilan Membaca.


Istin Rofaidah , 2301405029 (2012) Kemampuan Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Membuat Pertanyaan Pilihan Ganda Tingkat Ingatan dan Pemahaman pada Keterampilan Membaca. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kemampuan Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Membuat Pertanyaan Pilihan Ganda Tingkat Ingatan dan Pemahaman pada Keterampilan Membaca.]
Preview
PDF (Kemampuan Mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis dalam Membuat Pertanyaan Pilihan Ganda Tingkat Ingatan dan Pemahaman pada Keterampilan Membaca.) - Published Version
Download (250kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa semester V telah mendapatkan materi tentang evaluasi pembelajaran bahasa Prancis, sehingga diharapkan mereka mampu untuk membuat pertanyaan pilihan ganda tingkat ingatan dan pemahaman pada keterampilan membaca. Tes keterampilan membaca dimaksudkan untuk mengukur kemampuan kognitif seseorang dalam memahami informasi yang terdapat dalam bacaan. Kegiatan memahami informasi menuntut kemampuan kognitif siswa yang terdiri dari 6 tingkatan tes keterampilan membaca, yaitu: tingkat ingatan, tingkat pemahaman, tingkat penerapan, tingkat analisis, dan tingkat evaluasi. Dalam penelitian ini yang digunakan hanya tingkat ingatan dan pemahaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana kemampuan mahasiswa semester V Pendidikan Bahasa Prancis dalam membuat pertanyaan pilihan ganda tingkat ingatan dan pemahaman pada keterampilan membaca? dan 2) Kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan mahasiswa semester V dalam membuat pertanyaan pilihan ganda tingkat ingatan dan pemahaman pada keterampilan membaca? Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis tahun ajaran yang sedang mengikuti mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Prancis sejumlah 28 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif persentase dan analisis kritis. Kemampuan mahasiswa dalam membuat pertanyaan pilihan ganda tingkat ingatan dan pemahaman pada keterampilan membaca pada mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Bahasa Prancis termasuk dalam kategori “Baik Sekali”. Nilai rata-ratanya mencapai 90.95. Nilai tertinggi yang diperoleh mahasiswa adalah 96.41 yang termasuk dalam kategori “Baik Sekali”, sedangkan nilai terendah yang diperoleh mahasiswa adalah 78.46 yang termasuk kategori “Baik”. Kesalahan-kesalahan yang banyak dilakukan oleh mahasiswa dalam membuat pertanyaan pilihan ganda tingkat ingatan dan pemahaman adalah pada kaidah “soal harus sesuai dengan kaidah bahasa Prancis”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pertanyaan pilihan ganda, tingkat ingatan dan pemahaman.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 21 May 2012 01:11
Last Modified: 21 May 2012 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12217

Actions (login required)

View Item View Item