Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Heads-Together) Melalui Pemanfaatan Media VCD Untuk Meningkatkan PBM Pada Pokok Bahasan Kalor Di SMP Negeri 2 Tayu


Mayrisa Ifti Nugraheni, 4201407030 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Heads-Together) Melalui Pemanfaatan Media VCD Untuk Meningkatkan PBM Pada Pokok Bahasan Kalor Di SMP Negeri 2 Tayu. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Heads-Together) Melalui Pemanfaatan Media VCD Untuk Meningkatkan PBM Pada Pokok Bahasan Kalor Di SMP Negeri 2 Tayu] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Heads-Together) Melalui Pemanfaatan Media VCD Untuk Meningkatkan PBM Pada Pokok Bahasan Kalor Di SMP Negeri 2 Tayu) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini masih monoton dan kurang variatif di mana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center), siswa pasif, dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kejenuhan yang berakibat kurangnya minat belajar. Minat belajar akan tumbuh dan terpelihara apabila kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara bervariasi, baik melalui variasi model maupun media pembelajaran. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif NHT (Numbered-Heads-Together) melalui pemanfaatan media VCD. Pembelajaran kooperatif NHT dapat menciptakan lingkungan belajar kooperatif dalam kelompok kecil yang menekankan keterlibatan total siswa dalam pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan PBM siswa. NHT merupakan kegiatan belajar kooperatif dengan ciri khas guru hanya menunjuk seorang siswa yang mewakili kelompoknya. Dalam menunjuk siswa tersebut, guru tanpa memberi tahu terlebih dahulu siapa yang akan mewakili kelompoknya sehingga cara tersebut akan menjamin keterlibatan total semua siswa dan merupakan upaya yang sangat baik untuk meningkatkan tanggung jawab individu dalam diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berhasil dilaksanakan dalam tiga siklus. Indikator penelitian ini adalah siswa sudah mencapai ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Lokasi penelitian di SMP N 2 Tayu dengan subjek penelitian siswa kelas VIIE tahun ajaran 2010/2011. Data hasil belajar kognitif siswa diperoleh dari tes akhir siklus, hasil belajar afektif diperoleh dari lembar observasi. Uji statistika yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa adalah uji g (gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pnerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT melalui pemanfaatan media VCD dapat meningkatkan PBM siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tayu tahun pelajaran 2010/2011, selain itu juga meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya persentase rata-rata hasail belajar kognitif siswa dari siklus I sebesar 60,5% menjadi 70,35% pada siklus II, dan 80,63% pada siklus III. Sedangkan rata-rata hasil belajar afektif siswa siklus I sebesar 64,63% menjadi 75,5% pada siklus II, dan 87,75% pada siklus III.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: NHT (Numbered-Heads-Together), PBM, media VCD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 06:33
Last Modified: 16 May 2012 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12197

Actions (login required)

View Item View Item