Sintesis Nanopartikel Mn Ferit dengan Metode Sol Gel Berbahan Dasar Pasir Besi


Ahmad Lutfi Aziz, 4250408010 (2012) Sintesis Nanopartikel Mn Ferit dengan Metode Sol Gel Berbahan Dasar Pasir Besi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sintesis Nanopartikel Mn Ferit dengan Metode Sol Gel Berbahan Dasar Pasir Besi] Microsoft Word (Sintesis Nanopartikel Mn Ferit dengan Metode Sol Gel Berbahan Dasar Pasir Besi) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Bahan magnetik MnFerit telah berhasil dibuat dengan menggunakan metode sol gel dengan bahan dasar pasir besi.Pasir besi mengandung senyawa oksida besi yaitu magnetit.Metode sol gel dipilih karena homogenitas serta ukuran nanopartikel yang terbentuk.Sintesis dimulai dengan mencampurkan pasir besi dengan asam nitrat dan asam oksalat sehingga terbentuk besi nitrat.Besi nitrat dan mangan nitrat dicampurkan dalam pelarut ethylene glycol. Larutan dipanaskan selama 2 jam dalam temperatur 100°C sampai terbentuk gel. Gel dikeringkan pada suhu 150°C selama 2 jam kemudian dipanaskan kembali pada suhu 350°-700°C selama 2 jam dan menghasilkan bahan berbentuk serbuk. Hasil karakterisasi menggunakan XRD menunjukkan bahwa pemansan 350°C menghasilkan serbuk yang mengandung 100% senyawa Mn ferit (MnFe)3O4 dengan struktur kubus spinel. Sedangkan pada pemanasan 700°C terdapat perubahan fase menjadi (MnFe)2O3dan MnFeO3 dengan komposisi masing-masing 70,46% dan 29,54%. Ukuran partikel ditentukan mengunakan metode scherrer dan didapatkan rata-rata ukuran partikel 1 nm. Dari hasil karakterisasi XRF diperoleh informasi unsur dalam sampel yang terdiri dari unsur Fe, Mn dan unsur-unsur yang merupakan impuritas antara lain Ti, Mo, Zn, Ca, Cu dan Ni. Adanya impuritas menunjukkan ketidakmurniaan bahan yang digunakan. Homogenitas senyawa terlihat dari komposisi unsur dalam sampel yang hampir sama. Pasir besi yang disentesis dengan metode sol gel menghasilkan serbuk nano partikel Mn ferit yang homogen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pasir Besi, MnFerit, Sol gel
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 06:28
Last Modified: 16 May 2012 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12196

Actions (login required)

View Item View Item