Komposit Barium Ferit dengan Pengikat Kaca Cult


Muhammad Izzuddin Alif, 4250407022 (2012) Komposit Barium Ferit dengan Pengikat Kaca Cult. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Komposit Barium Ferit dengan Pengikat Kaca Cult] Microsoft Word (Komposit Barium Ferit dengan Pengikat Kaca Cult) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Pembuatan komposit barium ferit dengan pengikat kaca cult telah berhasil dilakukan dengan teknik metalurgi serbuk dan dipanaskan pada suhu 900˚C. Serbuk bahan magnet barium ferit dan kaca cult dicampur menggunakan Ball Milling selama 4 jam. Hasil campuran dikeringkan pada suhu 150˚C selama 1 jam, kemudian dicetak menggunakan Hydraulic Press dan ditahan selama 5 menit. Hasil cetak kemudian dipanaskan pada suhu 900˚C selama 2 jam. Setelah mencapai suhu ruang produk dihaluskan permukaannya. Produk diuji sifat megnetiknya dengan menggunakan Permagraph tipe MPS. Sampel produk juga diuji sifat mekaniknya menggunakan California Bearing Ratio. Analisis permukaan dilakukan dengan menggunakan mikroskop digital pada perbesaran 2000 kali. Hasil pengukuran dengan Permagraph menunjukkan sifat magnetik terbaik pada komposisi 80% barium ferit + 20% kaca cult dengan nilai induksi remanen (Br) 0.75 kG, gaya koersif (Hc) 0.69 kOe, dan produk energi maksimum (BH)maks 0.13 MGOe. Untuk hasil kuat uji tekan menggunakan California Bearing Ratio diperoleh sifat mekanik terbaik pada komposisi 80% barium ferit + 20% kaca cult, dengan nilai 128.352 kg/cm2. Magnet komposit yang dihasilkan sudah dapat dijadiakan aksesoris, karena sudah dapat menempel pada bahan yang terbuat dari besi. Dari analisis permukaan sampel tidak mengalami keretakan pada berbagai komposisi uji.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Barium ferit, kaca cult, Ball Milling
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 06:22
Last Modified: 16 May 2012 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12194

Actions (login required)

View Item View Item