Pemodelan Persamaan Laplace Dua Dimensi dengan Menggunakan Metode Finite Difference


Sri Rustanto, 4250405047 (2012) Pemodelan Persamaan Laplace Dua Dimensi dengan Menggunakan Metode Finite Difference. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemodelan Persamaan Laplace Dua Dimensi dengan Menggunakan Metode Finite Difference] Microsoft Word (Pemodelan Persamaan Laplace Dua Dimensi dengan Menggunakan Metode Finite Difference) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Telah dilakukan pemodelan persamaan Laplace dua dimensi dengan menggunakan metode finite difference.Pemodelan dibuat interaktif menggunakan Graphical User Interface (GUI) dengan memanfaatkan aplikasi perangkat lunak Matlab. Pemodelan diawali dengan penurunan persamaan laplace dua dimensi ke dalam bentuk persamaan numerik finite difference, dilanjutkan dengan pembuatan bangun dua dimensi pada bidang gambar, kemudian menentukan besarnya temperatur pada sisi-sisi bangun dua dimensi yang telah dibuat. Aplikasi yang telah dibuat akan menghasilkan luaran berupa data distribusi temperatur dari setiap titik dalam bidang dua dimensi, grafik distribusi temperatur tersebut dan ketelitian relatif dari perhitungan yang telah dilakukan berdasarkan syarat batas yang telah ditentukan. Penyelesaian persamaan laplace dua dimensi dengan menggunakan metode finite difference pada simulasi yang dilakukan didapat nilai error 7,9235% dan14,2822% sehingga layak untuk digunakan sebagai alat bantu penyelesaian persamaan laplace dua dimensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: laplace, finite difference
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 06:19
Last Modified: 16 May 2012 06:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12193

Actions (login required)

View Item View Item