Sintesis Lapis Tipis Berbasis Nanopartikel TiO2 Termodifikasi Silika Secara Sol-Gel Sebagai Bahan Antifogging


Rissa Laila Vifta, 4350408003 (2012) Sintesis Lapis Tipis Berbasis Nanopartikel TiO2 Termodifikasi Silika Secara Sol-Gel Sebagai Bahan Antifogging. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sintesis Lapis Tipis Berbasis Nanopartikel TiO2 Termodifikasi Silika Secara Sol-Gel Sebagai Bahan Antifogging] Microsoft Word (Sintesis Lapis Tipis Berbasis Nanopartikel TiO2 Termodifikasi Silika Secara Sol-Gel Sebagai Bahan Antifogging) - Published Version
Download (25kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang sintesis lapis tipis berbasis nanopartikel TiO2 termodifikasi silika secara sol-gel sebagai bahan antifogging. Tujuan dari penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui pengaruh suhu kalsinasi terhadap energy gap, struktur dan ukuran kristal, serta porositas titania-silika, (ii) mengetahui pengaruh komposisi sol terhadap karakteristik lapis tipis titania-silika yang meliputi hidrofilitas dan sifat transparan, serta (iii) mengetahui kinerja antifogging lapis tipis titania-silika pada substrat kaca. Pada penelitian ini sintesis TiO2 yang dimodifikasi dengan silika (SiO2) dilakukan dengan metode sol-gel. Teknik pelapisan pada kaca menggunakan teknik celup, kemudian diaplikasikan sebagai bahan anti-kabut. Metode sol-gel dipilih dalam sintesis ini karena dengan menggunakan metode tersebut dapat mengontrol struktur, komposisi, dan aktifitas lapis tipis yang dihasilkan. Hasil sintesis TiO2-SiO2 dikarakterisasi dengan XRD untuk mengetahui struktur dan ukuran kristal, SEM-EDX untuk mengetahui morfologi dan komposisi padatan, serta DR-UV untuk mengetahui band-gap TiO2-SiO2. Hasil XRD dan DR-UV menunjukkan bahwa TiO2-SiO2 dengan konsentrasi TEOS sebagai sumber silika 15% pada suhu kalsinasi 500C memiliki ukuran partikel terkecil sebesar 11,15 nm dan band gap 3,20 eV. Hasil ini sejalan dengan pengukuran sudut kontak yang menunjukkan bahwa lapis tipis tipis TiO2-SiO2 dengan konsentrasi silika 15% pada suhu kalsinasi 500C memiliki sudut kontak terkecil sebesar 14,49. Hasil uji kinerja antifogging menunjukkan bahwa lapis tipis TiO2-SiO2 memiliki kemampuan untuk digunakan sebagai bahan anti-kabut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nanopartikel, Dopan, TiO2-SiO2, Sol-gel, Antifogging
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 06:14
Last Modified: 16 May 2012 06:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12191

Actions (login required)

View Item View Item