Sintesis, karakterisasi, dan uji aktivitas fotokatalis TiO2/Bentonit terpilar alumina untuk menurunkan angka COD dan BOD limbah cair industri tapioka.


Fithriyyah Rizqika, 4350407050 (2012) Sintesis, karakterisasi, dan uji aktivitas fotokatalis TiO2/Bentonit terpilar alumina untuk menurunkan angka COD dan BOD limbah cair industri tapioka. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sintesis, karakterisasi, dan uji aktivitas fotokatalis TiO2/Bentonit terpilar alumina untuk menurunkan angka COD dan BOD limbah cair industri tapioka.] Microsoft Word (Sintesis, karakterisasi, dan uji aktivitas fotokatalis TiO2/Bentonit terpilar alumina untuk menurunkan angka COD dan BOD limbah cair industri tapioka.) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang fotokatalis TiO2/Bentonit untuk degradasi limbah cair tapioka. Sintesis fotokatalis dilakukan menggunakan larutan [Ti(iso-OC3H7)4] sebagai sumber Ti dengan konsentrasi bervariasi, yaitu 3,28 M, 2,46 M, dan 1,64 M. Karakter fotokatalis memiliki peran penting dalam mendegradasi limbah cair tapioka. Karakter tersebut meliputi luas permukaan spesifik, energi gap, jumlah kandungan Ti teremban, volume total pori, dan rerata jejari pori. Fotokatalis dengan karakter terbaik digunakan untuk menurunkan angka COD dan BOD limbah cair tapioka dengan variasi waktu. Pada proses pengolahan limbah dengan menggunakan fotokatalis terbaik berlangsung dua proses, yaitu adsorpsi dengan bentonit dan degradasi dengan TiO2. Aktivitas adsorpsi pada penurunan angka COD dan BOD masing-masing sebesar 1,31% dan 1,66%, sedangkan untuk aktivitas degradasi pada penurunan angka COD dan BOD masing-masing sebesar 12,79% dan 14,57%. Waktu kontak sangat berpengaruh pada pengolahan limbah. Semakin lama waktu kontak maka semakin besar pula penurunan angka COD dan BOD. Penurunan angka COD dan BOD paling besar terjadi pada waktu 180 menit dengan penurunan COD dan BOD masing-masing sebesar 10,65% dan 12,19%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: limbah tapioka, COD, BOD, TiO2/Bentonit
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 06:11
Last Modified: 16 May 2012 06:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12190

Actions (login required)

View Item View Item