Isolasi dan Identifikasi Khamir secara Morfologi di Tanah Kebun Wisata Pendidikan Universitas Negeri Semarang (Langkah Awal Upaya Konservasi Mikroorganisme)


Jumiyati, 4450407023 (2012) Isolasi dan Identifikasi Khamir secara Morfologi di Tanah Kebun Wisata Pendidikan Universitas Negeri Semarang (Langkah Awal Upaya Konservasi Mikroorganisme). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Isolasi dan Identifikasi Khamir secara Morfologi di Tanah Kebun Wisata Pendidikan Universitas Negeri Semarang (Langkah Awal Upaya Konservasi Mikroorganisme)] Microsoft Word (Isolasi dan Identifikasi Khamir secara Morfologi di Tanah Kebun Wisata Pendidikan Universitas Negeri Semarang (Langkah Awal Upaya Konservasi Mikroorganisme)) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Kebun Wisata Pendidikan Unnes merupakan kawasan ekosistem yang memiliki kekayaan biodiversitas dan memiliki potensi keragaman mikroorganisme. Keberadaan mikroorganisme di kebun belum banyak diketahui sehingga perlu dilakukan ekplorasi mikroorganisme dengan teknik isolasi dan identifikasi. Tujuan penelitian untuk mengisolasi dan mengidentifikasi khamir secara morfologi di tanah Kebun Wisata Pendidikan Unnes. Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi yang dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi FMIPA Unnes. Populasi penelitian adalah khamir di tanah Kebun Wisata Pendidikan Unnes. Sampel penelitian adalah isolat khamir yang diambil dengan teknik Purposive Sampling yaitu membagi kebun menjadi lima zona dan setiap zona diambil secara acak lima titik pengambilan kemudian dihomogenkan. Sampel dibawa ke Laboratorium untuk dilakukan isolasi, purifikasi dan identifikasi secara morfologi koloni dan sel. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif berdasarkan buku panduan Kreger-van Rij (1984), Nurhariyati et al. (2004) dan Rafiqah (2010). Hasil penelitian yaitu didapatkan tujuh isolat khamir. Berdasarkan pengamatan ciri bentuk, ukuran, pola pertunasan, ada tidaknya pseudohifa dan hifa sejati serta struktur reproduksi seksual sel khamir tersebut disamakan dengan 5 genus yaitu Saccharomyces, Candida, Brettanomyces dan Saccharomycodes. Simpulan penelitian ditemukan tujuh isolat khamir dan termasuk ke dalam lima genus yaitu Saccharomyces, Candida, Debaromyces, Brettanomyces, dan Saccharomycodes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Khamir, Kebun Wisata Pendidikan Unnes, Identifikasi, Morfologi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 04:23
Last Modified: 16 May 2012 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12182

Actions (login required)

View Item View Item