Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tegal dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Metode Ron Zambo.


P. M. Ayunanda, 4101407107 (2012) Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tegal dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Metode Ron Zambo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tegal dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Metode Ron Zambo.] Microsoft Word (Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tegal dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Metode Ron Zambo.) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tegal mengalami kesulitan saat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan aspek pemecahan masalah. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu dengan menganalisis kesalahan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui letak, jenis, dan penyebab kesalahan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tegal dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV dengan panduan langkah-langkah pemecahan masalah Ron Zambo ditinjau dari jenis-jenis kesalahan menurut Sriati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian diambil 6 orang dari 36 siswa kelas VIII B, masing-masing terdiri dari 2 siswa dari kelompok atas, sedang, bawah. Pengelompokkan didasarkan perangkingan hasil tes siswa, kemudian dipilih 2 siswa dengan nilai terendah pada masing-masing kelompok. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada tiga soal cerita materi SPLDV berkaitan dengan pemecahan masalah. Uji keabsahan data, dilakukan dengan triangulasi teknik. Diperoleh simpulan, siswa melakukan kesalahan terjemahan pada langkah pertama dan kelima dari langkah-langkah pemecahan masalah Ron zambo. Penyebabnya, siswa tergesa-gesa/kurang konsentrasi membaca soal, ketidakcermatan membaca soal, ketidakcermatan mengidentifikasi fakta dan masalah pada soal, mengabaikan kata yang dianggap tidak penting dalam soal, kebingungan mengubah kalimat menjadi model matematika, dan tidak terbiasa menuliskan keterangan dari variabel pada model matematika yang dibuat. Siswa melakukan kesalahan konsep pada langkah ketujuh. Penyebabnya, kurangnya pemahaman siswa akan kompetensi dasar untuk menyelesaikan model matematika dan kebingungan siswa menyelesaikan soal. Siswa juga melakukan kesalahan strategi pada langkah ketiga, ketujuh, dan kedelapan. Penyebabnya, siswa belum terbiasa dengan langkah pemecahan masalah Ron Zambo ketiga, tergesa-gesa menyelesaikan model matematika, kesalahpahaman menyimpulkan jawaban, siswa tidak memeriksa kembali pekerjaannya, mencari solusi permasalahan berdasarkan perkiraan saja, tidak mampu menuangkan proses perhitungan yang ada di pikiran kedalam bentuk tulisan, kekuranggigihan menyelesaikan kesulitan yang dihadapi, dan kurang teliti saat menyelesaikan model matematika. Penelitian ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, hasil belajar, soal cerita, metode Ron Zambo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 04:04
Last Modified: 16 May 2012 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12176

Actions (login required)

View Item View Item