Perbandingan Hasil Forecasting Menggunakan Metode Deseasonalizing, Metode Rata-rata Bergerak, Metode Pemulusan Eksponensial Dalam Memprediksikan Banyaknya Wisatawan Mancanegara Di Indonesia.


Destiani Wulandari, 4150407034 (2012) Perbandingan Hasil Forecasting Menggunakan Metode Deseasonalizing, Metode Rata-rata Bergerak, Metode Pemulusan Eksponensial Dalam Memprediksikan Banyaknya Wisatawan Mancanegara Di Indonesia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbandingan Hasil Forecasting Menggunakan Metode Deseasonalizing, Metode Rata-rata Bergerak, Metode Pemulusan Eksponensial Dalam Memprediksikan Banyaknya Wisatawan Mancanegara Di Indonesia.] Microsoft Word (Perbandingan Hasil Forecasting Menggunakan Metode Deseasonalizing, Metode Rata-rata Bergerak, Metode Pemulusan Eksponensial Dalam Memprediksikan Banyaknya Wisatawan Mancanegara Di Indonesia.) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Forecasting adalah memperkirakan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang dan hal ini salah satu aspek penting dalam suatu manajemen sebagai dasar-dasar perencanaan, pengawasan serta pengambilan keputusan. Pada penelitian ini, digunakan Software Excel dalam membantu penyelesaian masalah forecasting yang melibatkan banyak perhitungan, karena akan sulit diselesaikan secara manual. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana penggunaan metode deseasonalizing, metode rata-rata bergerak dan metode pemulusan eksponensial untuk memprediksikan banyaknya wisman di Indonesia pada periode berikutnya, berapa forecast atau ramalan banyaknya wisatawan mancanegara di Indonesia pada periode berikutnya, bagaimana perbandingan hasil perhitungan forecast dengan kondisi data asli pada tahun 2011 dan metode yang paling cocok untuk forecasting banyaknya wisatawan mancanegara di Indonesia. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Jawa Tengah. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan membuat scatter diagram, menentukan persamaan garis, menghitung forecast kemudian menghitung kesalahan prediksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa metode yang paling cocok digunakan untuk data wisman di Indonesia adalah metode pemulusan eksponensial ganda karena dari perhitungan hasil kesalahan forecast atau MAE dan MSE lebih kecil dibandingkan dengan metode lain yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu sebesar 36.787. Sedangkan hasil untuk proyeksi kedatangan wisman di Indonesia pada bulan berikutnya yaitu desember 2011 sebesar 662.843. Nilai forecast wisman apabila dianalisis dengan data asli wisman menunjukkan persentase kesalahan kurang dari 5%. Ini berarti model yang digunakan cukup baik untuk dasar perencanaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Forecasting, Wisatawan Mancanegara, Metode Deseasonalizing, Metode Rata-rata Bergerak, Metode Pemulusan Eksponensial
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 03:40
Last Modified: 16 May 2012 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12164

Actions (login required)

View Item View Item