Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Internet Untuk Kelas XI IPS Semester 1 Sekolah menengah Atas Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal
Charistiawan Ahmat, 3101407073 (2012) Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Internet Untuk Kelas XI IPS Semester 1 Sekolah menengah Atas Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Internet Untuk Kelas XI IPS Semester 1 Sekolah menengah Atas Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal)
- Published Version
Download (25kB) |
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Internet ditujukan untuk pembelajaran sejarah yang harapannya dapat mempermudah siswa dalam mempelajari pelajaran sejarah. Disisi lain juga meningkatkan pengetahuan siswa dalam penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara tidak langsung pembelajaran sejarah berbasis internet ini dapat dijadikan alat bantu atau alternatif dalam mengembangkan pembelajaran. Pembelajaran sejarah berbasis internet didesain dan ditampilkan semenarik mungkin untuk mempermudah siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sejarah. Uraian di atas muncul dua pertanyaan yaitu bagaimana (1) pemanfaatan dan (2) pengembangan media berbasis internet pada kelas XI IPS semester 1 SMAN 1 Boja? Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) untuk pelaksanaan penelitiannya ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan. Penelitian pengembangan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam enam langkah. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut (1) menemukan potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, dan (6) pembuatan produk. Data yang telah terkumpul dikelompokkan menjadi dua, yaitu : (1) data analisis kebutuhan model media pembelajaran sejarah bagi kelas XI IPS SMA, dan (2) data uji media oleh ahli sebagai proses perbaikan dan penguatan media. Hasil penelitian ini, dibandingkan dengan media pembelajaran sejarah berbasis internet yang telah ada, media ini jelas lebih efektif. Selain diperuntukkan dalam pembelajaran yang ada di lingkup sekolah, media ini juga mempermudah siswa dalam mempelajari pelajaran sejarah di luar jam sekolah sehingga hasilnya akan efektif. Sesuai dengan konsep awal penelitian ini, media pembelajaran sejarah dikembangkan untuk memberikan kesempatan yang lebih besar kepada siswa untuk mempelajari sejarah dan menghadirkan materi sejarah yang tidak monoton
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Pembelajaran Sejarah, Berbasis Internet |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 16 May 2012 01:38 |
Last Modified: | 16 May 2012 01:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12139 |
Actions (login required)
View Item |