Penggunaan Reward System Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Sejarah Kelas VII F SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang Tahun 2011


Liza Setyaningrum, 3101407013 (2012) Penggunaan Reward System Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Sejarah Kelas VII F SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Reward System Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Sejarah  Kelas VII F SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang Tahun 2011] Microsoft Word (Penggunaan Reward System Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Sejarah Kelas VII F SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang Tahun 2011) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Model pembelajaran dengan Reward System adalah model pembelajaran aktif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap untuk memberikan stimulus atau semangat siswa dalam belajar. Permasalahan yang peneliti ketengahkan yaitu Bagaimana Penggunaan Reward System dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Sejarah Kelas VII F S MP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang Tahun 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu metode observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan Penggunaan Reward System dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Sejarah Kelas VII F SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang Tahun 2011, aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran pada siklus pertama yaitu 66,67 dan siklus kedua mencapai 91,67%, aktivitas guru dalam mengajar pada siklus pertama yaitu 67,33 dan pada siklus kedua mencapai 87,33%. Sedangkan tingkat antusiasme siswa selama mengikuti pembelajaran dengan Reward System pada siklus kedua sangat positif. pembelajaran dengan menggunakan model Reward System pada siklus I belum maksimal, karena ketuntasan klasikal siswa yang diperoleh hanya 81,08%. Sedangkan hasil pada siklus II dapat tercapai maksimal, dilihat dengan ketuntasan klasikal siswa yang diperoleh yaitu 91,89 %. Mengacu dari hasil tersebut penulis memberikan kesimpulan yaitu : 1) Mengacu pada Indikator Ketercapaian Aktivitas Guru dan Siswa sebesar 85%, aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran teknik dasar sepakbola pada siklus kedua dikatakan berhasil, karena aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran sudah melampaui Indikator Ketercapaian Guru dan Siswa sebesar 85%, 2) Sedangkan hasil tes praktek siswa terhadap pembelajaran IPS Sejarah dengan Reward System yaitu mencapai 91,89%. Peneliti juga mengajukan saran yaitu : 1) Bagi siswa, Meningkatkan semangat belajar siswa dalam kondisi dan keadaan apapun, karena belajar itu menyenangkan, dan 2) Bagi guru, Guru memberikan ide-ide yang kreatif dalam proses pembelajaran dan memanfaatkan sumber yang ada di sekelilingnya untuk memberikan proses belajar mengajar yang menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: reward System, hasil belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 May 2012 01:34
Last Modified: 16 May 2012 01:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/12138

Actions (login required)

View Item View Item