PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN MACROMEDIA FLASH MX


Abdur Rahman , 5350403064 (2007) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN MACROMEDIA FLASH MX. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN MACROMEDIA FLASH MX]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DENGAN MACROMEDIA FLASH MX) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Aksara Jawa merupakan salah satu peninggalan budaya yang tak ternilai harganya. Dalam upaya ikut menjaga peninggalan budaya, suatu media pembelajaran tentang aksara Jawa dapat dihadirkan dengan memanfaatkan teknologi komputer berbentuk multimedia interaktif. Salah satu perangkat lunak yang sangat mendukung dalam penerapannya adalah Macromedia Flash MX. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah merencanakan, membuat atau memproduksi dan menguji perangkat lunak berupa multimedia interaktif untuk pembelajaran aksara Jawa dengan Macromedia Flash MX . Sasaran dari pengguna media pembelajaran ini adalah kalangan umum bagi siapa saja yang memebutuhkan. Tujuan dari pembuatan media pembelajaran ini adalah untuk membantu pembelajaran aksara Jawa dengan pokok bahasan sejarah aksara Jawa dalam cerita ajisaka, aksara carakan beserta pasangan, sandhangan, aksara murda, aksara swara, aksara rekan, angka Jawa, tanda baca serta evaluasi yang dikembangkan dengan Macromedia Flash MX . Manfaat yang diharapkan dari pembuatan media pembelajaran aksara Jawa adalah : bagi dunia teknologi, memanfaatkan dan mengembangkan teknologi Macromedia Flash untuk media pembelajaran interaktif. Bagi dunia pendidikan, dapat dijadikan sebagai masukan, referensi media pembelajaran berbentuk multimedia interaktif. Bagi dunia kebudayaan, memberikan kontribusi dalam upaya pelestarian aksara Jawa berbentuk teknologi multimedia. Prosedur kerja dari pembuatan media pembelajaran aksara Jawa adalah menentukan materi, menentukan skenario pembelajaran, menentukan diagram alir program, menentukan naskah program, membuat prototipe program, dan yang terakhir adalah uji coba dan evaluasi. Dari hasil uji coba performance sistem, program pembelajaran aksara Jawa ini dapat dijalankan pada komputer manapun tanpa proses instalasi. Pada pengujian yang dilakukan kepada pakar multimedia, ahli budaya dan bahasa, serta koresponden umum menyebutkan program ini layak dijadikan media pembelajaran aksara Jawa. Kekurangan dalam program ini dapat diperbaiki pada pengembangan program selanjutnya ke arah yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aksara Jawa, Media Pembelajaran, Macromedia Flash MX
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2011 01:54
Last Modified: 25 Apr 2015 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item